nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Manusia, Hotel Futuristik Ini Layani Tamu Pakai Robot Canggih!

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 16 Maret 2019 14:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 16 406 2030845 bukan-manusia-hotel-futuristik-ini-layani-tamu-pakai-robot-canggih-MZng6bZrdJ.jpg Robot canggih layani hotel di China (Foto:Yotube)

KECANGGIHAN akan teknologi yang setiap hari berkembang makin pesat, sejatinya memang punya tujuan awal untuk memudahkan berbagai jenis aktivitas manusia.

Di luar memudahkan kegiatan manusia sehari-hari. Kini yang namanya kemajuan teknologi, sekaligus juga menawarkan sensasi pengalaman berbeda pada kita, manusia.

Contohnya seperti sensasi pengalaman berbeda yang coba ditawarkan oleh sebuah hotel, yang berlokasi di Hangzhou, China, Fly Zoo Hotel. Hotel satu ini bisa dibilang hadir bukan sebagai hotel konvensional biasa, melainkan hotel futuristik masa depan karena menghadirkan kecanggihan teknologi di era digital dikombinasikan bersama keramahan.

 

Langkah pertama di proses check-in untuk kamar, alih-alih mengantri tamu hotel bisa langsung melakukan self check-in melalui mesin canggih karena sebelumnya sudah memesan kamar melalui aplikasi di ponsel pintar. Menariknya, bahkan untuk turis Cina, proses check-in bisa langsung dilalukan melalui pindai wajah atau face recognition.

Setelah check-in, tamu langsung bisa menuju kamar tanpa membawa kartu atau kunci kamar. Sebab pilihan face recognition bisa dipilih tamu sebagai “kunci kamar”, sehingga begitu tiba di depan pintu kamar hanya tinggal melakukan scan wajah dan tinggal dicocokkam dengan data foto wajah ketika pemesanan dan check-in sebagai data verifikasi.

 Baca Juga:

Menikah di Selandia Baru, Penampilan Femmy Permatasari Dibilang seperti Gadis

Ulang Tahun, Lihat Penampilan Liliana Tanoesoedibjo yang Awet Muda

Begitu tiba di kamar, tamu hotel juga akan dimanjakan dengan teknologi bernama “Tmall Genie” yang berfungsi layaknya asisten pribadi 24/7 hanya dengan perintah suara. Misalnya permintaan perlengkapan di kamar, seperti air minum atau handuk.

 

Nah, menariknya nanti “petugas” hotel yang mengantarkan pesanan tamu langsung ke depan pintu kamar bukanlah petugas hotel biasa. Melainkan Room Service Robot, tinggal masukkan kode angka yang dikirimkan ke ponsel pintar milik tamu, voila! Perlengkapan kamar seperti air minum, handuk, bahkan sampai pesanan makanan dan minuman di restoran hotel yang diminta pun langsung bisa diambil.

Terakhir, saat ingin check-out dari hotel, para tamu disebutkan tidak lagi perlu repot mengembalikan kunci ataupun mengantri di resepsionis seperti di kebanyakan hotel pada umumnya. Melainkan hanya tinggal membawa barang bawaan, dan pergi dari hotel. Praktis sekali bukan?

 

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini