nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sail Nias 2019 Akan Digelar Juli hingga September

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 16 Maret 2019 21:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 16 406 2030889 sail-nias-2019-akan-digelar-juli-hingga-september-oqX6X47yug.jpg Launching Sail Nias 2019 (Foto: Ist)

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara semakin gencar mengembangkan potensi wisata yang mereka miliki. Terlebih setelah Danau Toba dinobatkan sebagai satu dari 4 Destinasi Super Prioritas arahan Presiden Joko Widodo.

Tahun ini, Pemprov Sumut dan sejumlah lembaga kementerian rencananya akan menggelar Sail Nias 2019 yang dimulai pada Juli hingga September mendatang. Acara tersebut diharapankan dapat mendorong kawasan Sumatera Utara menjadi gerbang destinasi wisata dunia sekaligus mendongkrak devisa negara.

Dalam kata sambutannya, Menteri Hukum dan HAM sekaligus Ketua Panitia Pusat Sail Nias 2019, Yasonna Laoly mengatakan, pemilihan Nias sebagai tuan rumah tidak terlepas dari potensi bahari yang dimilikinya.

 Baca Juga: 3 Obyek Wisata Ini Miliki Mitos Keperawanan

“Nias memiliki potensi laut, perikanan, dan pariwisata yang sangat besar. Kami yakin dengan diselenggarakannya event ini dapat menjadikan Nias sebagai gerbang destinasi wisata dunia. Oleh karena itu dibutuhkan kolaborasi atau kerjasama dari berbagai pihak,” ujar Menteti Yasonna Laoly, dalam acara peluncuran Sail Nias 2019 di Jakarta baru-baru ini

Hal senada juga diutarakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani. Menurutnya, Sail Nias 2019 merupakan momentum yang strategis untuk melakukan pembangunan infrastruktur di Sumatera Utara, khususnya di Pulau Nias.

Oleh karena itu, Puan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh lembaga kementerian, pemerintah daerah, dan para pelaku wisata yang telah bersinergi dan memiliki komitmen kuat untuk menggelar acara tersebut.

 Baca Juga: Sate Buntel, Kuliner Khas Solo Rekomendasi Ganjar Pranowo

“Setahu saya, hingga saat ini belum ada tempat menginap yang representatif untuk mempromosikan Nias. Ini menjadi tantangan kita untuk menarik perhatian investor agar tertarik menanamkan investasinya,” ujar Menteri Puan Maharani.

 

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Nias memang layak untuk dikembangkan karena memiliki potensi kelas dunia yang tidak perlu diragukan lagi. Pulau ini telah dinobatkan sebagai salah satu lokasi surfing terbaik dunia, dan juga memiliki daya tarik wisata sejarah (megalitikum) yang hingga kini masih terawat dengan baik.

Pengembangan pariwisata Nias juga telah didukung dengan unsur 3A (atraksi, amenitas, dan aksesbilitas) sehingga akan mempermudah wisatawan yang berkunjung. Buktinya, dalam empat tahun terakhir, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke tempat ini rata-rata mencapai 240 ribu orang per tahun.

“Kunci untuk menjadi destinasi kelas dunia harus memiliki bandara internasional. Saya berharap Bandara Binaka Nias segera ditingkatkan menjadi bandara internasional,” ungkapnya.

Penyelenggaraan Sail Nias 2019 sendiri mengangkat tema ‘Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia’. Acara tersebut akan dimeriahkan oleh 18 rangkaian kegiatan menarik yang digelar selama tiga bulan pada Juli hingga September 2019, di 5 Kabupaten Kota Kepulauan.

Adapun kegiatan menarik yang bisa dinikmati wisatawan selama acara berlangsung yakni, Festival Lompat Batu Sekepulauan Nias, Festival Kebudayaan Kepulauan Batu, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Gebyar Kopi , Kuliner, dan Wonderful Foto Tourism Expo, Fishing Tournament Sail Nias, Free Diving Competition, Wind Surfing and Sailing, dan masih banyak lagi.

(tam)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini