nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perkembangan eSports di Indonesia, Semakin Banyak Digemari

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 16 Maret 2019 22:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 16 612 2030954 perkembangan-esports-di-indonesia-semakin-banyak-digemari-oqG6K0qDZ4.jpg Ilustrasi (Foto: Motleyfool)

Semakin hari semakin banyak orang yang menggemari game online. Bahkan tak sedikit yang mendalami sebuah game tersebut dan menguasai teknik-teknik sehingga bisa memenangkan pertandingan.

Hal inilah yang kemudian membuat pertandingan game online atau eSports kian menjamur. Jumlah peserta yang mengikuti pertandingan tersebut pun cukup banyak.

Hal ini diakui oleh Christian Wihananto selaku Producer Free Fire dari Garena Indonesia, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan game online. Ditemui Okezone dalam acara grand final, Sabtu (16/3/2019), dirinya mengatakan perkembangan eSports di Tanah Air mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

 Baca Juga: 5 Gaya Anggun Brie Larson si Captain Marvel dalam Balutan Dress

“Sekarang menjadi lebih banyak orang penggemar eSports, terlihat dari banyaknya yang datang hanya untuk menonton maupun ikut berkompetisi. Jadi dari segi penggemar maupun pertandingan bertambah pesat tahun demi tahun,” ujar Christian.

Perkembangan ini tak lepas dari semakin banyaknya orang yang menyadari eSports termasuk dari pihak pemerintah. Kini, pemerintah telah menyediakan wadah bagi para atlet eSports untuk semakin mengembangkan dirinya agar bisa membawa prestasi. Ditemui dalam acara yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan pemerintah akan terus mendukung eSports.

 Baca Juga: Bisakah eSports Menjadi Mata Pencaharian yang Menjanjikan?

“Pemerintah betul-betul gembira dengan adanya eSports sehingga nampaknya menjadi penting untuk memberi wahana yang luas bagi gamers agar terus mengembangkan kemampuannya. Tidak hanya dalam mengembangkan industri eSports, tapi juga prestasi. Di sinilah pemerintah benar-benar concern dan berterima kasih kepada semua pihak yang terus mengembangkan eSports demi menuju prestasi gemilang di masa yang akan datang,” tutur Menpora Imam.

Alasan lain yang membuat eSports semakin familier karena industri tersebut dijadikan sarana promosi oleh sejumlah brand. Dengan begitu, masyakarakat semakin sering mendapatkan informasi tentang eSports.

“Jadi sekarang kita melihat banyak perusahaan-perusahaan yang melirik eSports untuk mengenalkan brand mereka. Pastinya ekonominya jadi lebih bagus, uang mulai mengalir, investor makin bertambah, dan ekosistemnya makin tumbuh. Semuanya itu akan berdampak baik bagi eSports untuk ke depannya menjadi sesuatu yang sustainable,” pungkas Christian.

(tam)

Berita Terkait

Profesi

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini