nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkaca dari Lucinta Luna, Bisakah Menstruasi di Tanggal yang Sama Tiap Bulan?

Nur Anisa Putri, Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 14:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 17 481 2031134 berkaca-dari-lucinta-luna-bisakah-menstruasi-di-tanggal-yang-sama-tiap-bulan-spNBXwCx9t.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYANYI Lucinta Luna lagi-lagi bikin heboh netizen, setelah mengaku ke Hotman Paris kalau dirinya rutin mengalami menstruasi setiap tanggal 5. Pengacara kondang itu pun juga ikutan terkejut, saat mendengar pernyataan Luna.

Perbincangan mereka tersebut disebar luaskan melalui vlog Hotman Paris yang diunggah di akun Youtubenya dan sudah ditonton 3,7 juta. Video itu pun mengundang para netizen untuk berkomentar, dan rata-rata komentar yang diberikan itu bersifat negatif.

Seperti yang kita ketahui, Lucinta Luna selalu dianggap sebagai transgender oleh banyak orang, dan mereka mengatakan seorang transgender seperti dirinya tidak akan bisa mengalami menstruasi.

Baca Juga: Kisah Anissa, TKI asal Lampung yang Temukan Kebahagiaan Sejatinya di Taiwan


Walaupun begitu, Luna tetap cuek dengan respons negatif ,dan serius mengatakan kalau dia rutin menstruasi setiap tanggal 5. Berbicara mengenai menstruasi, kalian para perempuan harus tahu bagaimana siklus menstruasi yang baik.

Mengamati siklus menstruasi itu sangat penting, agar Anda tahu kondisi yang normal itu seperti apa. Walaupun penyimpangan siklus menstruasi biasanya bukan hal yang serius, kadang-kadang hal tersebut dapat menandakan adanya masalah kesehatan.


Seperti apa yang normal?

Siklus menstruasi tidak selalu sama untuk setiap wanita. Siklus menstruasi dapat terjadi setiap 21 hingga 35 hari dan berlangsung dua hingga tujuh hari. Untuk beberapa tahun pertama setelah menstruasi dimulai, siklus panjang sering terjadi.

Tapi, siklus menstruasi cenderung memendek dan menjadi lebih teratur seiring bertambahnya usia. Siklus menstruasi yang teratur atau tidak teratur, dan menstruasi ringan atau berat, menyakitkan atau bebas rasa sakit, panjang atau pendek masih dianggap normal.

Baca Juga: Kenapa Belah Duren Diasosiakan dengan Malam Pertama?

Cara melacak siklus menstruasi

Seperti yang dilansir dari Mayoclinic, untuk mengetahui kondisi yang normal, mulailah mencatat siklus menstruasi di kalender. Mulailah dengan melacak tanggal mulai menstruasi setiap bulan selama beberapa bulan berturut-turut untuk mengidentifikasi keteraturan menstruasi.

Jika Anda khawatir tentang menstruasi Anda, maka ketahui juga hal-hal seperti panjang atau pendeknya menstruasi berlangsung, cairan yang keluar dari tubuh Anda, adanya pendarahan yang tidak normal, rasa sakit saat menstruasi, dan perubahan mood.


Apa yang menyebabkan penyimpangan siklus menstruasi?

Penyimpangan siklus menstruasi dapat memiliki banyak penyebab berbeda, termasuk Kehamilan atau menyusui. Menstruasi yang terlewat bisa menjadi tanda awal kehamilan. Menyusui biasanya menunda kembalinya menstruasi setelah kehamilan.

Gangguan makan. Penurunan berat badan yang ekstrem, atau olahraga berlebihan. Gangguan makan - seperti anoreksia nervosa –menyebabkan penurunan berat badan yang ekstrem dan peningkatan aktivitas fisik dapat mengganggu menstruasi.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS). Wanita dengan gangguan sistem endokrin yang umum ini mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur dan juga pembesaran ovarium yang berisi kumpulan cairan kecil - disebut folikel - terletak di setiap ovarium, seperti yang terlihat selama pemeriksaan ultrasonografi.

Image result for menstruasi shutterstock, okezone

Kegagalan ovarium prematur. Kegagalan ovarium prematur mengacu pada hilangnya fungsi ovarium normal sebelum usia 40 tahun. Wanita yang mengalami kegagalan ovarium prematur yang juga dikenal sebagai insufisiensi ovarium primer, mungkin memiliki menstruasi tidak teratur atau hanya sesekali selama bertahun-tahun.

Penyakit radang panggul (PID). Infeksi pada organ reproduksi ini dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang tidak teratur.

Ingat, dengan mengamati siklus menstruasi dapat membantu Anda untuk mengetahui apa yang normal untuk Anda dan apa yang tidak. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang siklus menstruasi , segera bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini