nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Percantik Sungai Cisadane dan Ciliwung, Bogor Bakal Punya Spot Wisata Air Keren!

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 18 Maret 2019 22:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 18 406 2031827 percantik-sungai-cisadane-dan-ciliwung-bogor-bakal-punya-spot-wisata-air-keren-1wpGzadmUB.jpg Spot Wisata Air Seru di Sungai Cisadane (Foto: Instagram/@apifpratama)

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC) meminta Pemkot Bogor serius dalam mengelola, menata, serta membangun wisata air.

“Iya, Pemkot Bogor mengusulkan ingin menata Sungai Ciliwung dan membangun wisata air Sungai Cisadane. Kita persilakan asalkan kelola dengan baik,” kata Kepala BBWSCC Ke menterian PUPR Bambang Hidayah di Bogor, kemarin. Jika terwujud menjadi tempat wisata air, maka harus dikelola dengan baik, begitu juga dengan anggarannya harus diper siapkan.

“Ini kan perlu dana pengelolaan tiap tahun dan anggarannya harus dialokasikan. Makanya, saya menyarankan kalau bisa buat nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) saja,” ujarnya. Pihaknya mengaku tak bisa membantu dalam mengeluarkan atau mengalokasikan anggaran pengelolaan tempat wisata air yang akan dibangun.

 BACA JUGA : Viral, Bocah Ini Tiru Desahan Orangtuanya yang Sedang Bercinta

“Nah, kita dalam masalah dana pengelolaan, tidak bisa mengalokasikan dana yang bukan aset kita,” katanya. Terkait program naturalisasi, pihaknya tak mempermasalahkan, khususnya menyangkut detail engineering design (DED) yang diusulkan Pemkot Bogor dalam membuat jogging track di tepi Sungai Ciliwung.

“Kalau saya melihat dari desainnya, bukan ma sa lah layak tidak layak. Saya memandang desainnya memang bagus. Karena untuk wisata air dan naturalisasi Ciliwung di Kota Bogor itu bagus,” tuturnya.

Hanya saja, kata dia, perlu adanya penataan dalam beberapa aspek di antaranya aspek hukum dan masalah sosial. Camat Bogor Tengah Agustiaysah mengaku program pembangunan wisata air Cisadane dan naturalisasi Sungai Ciliwung serta jogging track di wilayahnya itu sudah di rancang sejak jauh hari.

“Jadi, selain kampung tematik, rupanya kita juga akan membuat wisata air, tepatnya di aliran Sungai Cisadane yang ber ada di Kelurahan Kobon Kalapa dekat Gang Kepatihan, Bogor Tengah,” katanya.

Wisata air tersebut akan dibuat setelah pembuatan kampung tematik Jendela Dunia selesai. “Nanti di bawah ada Sungai Cisadane dan di bawahnya sudah dirancang pengembangan wisata air tiga dimensi,” ujarnya. Selain itu, pihaknya juga akan mengembangkan wisata edukasi berupa pengelolaan sampah di Gang Kepatihan.

Nanti pengunjung yang datang ke Kampung Jendela Dunia tak hanya sekadar ber - foto, tapi juga bisa mendapat edukasi sambil menikmati wisata air.

 BACA JUGA : 5 Gaya Seksi Gisel yang Bikin Netizen Gagal Fokus

“Iya, kita dengan warga di sini sudah bicara banyak. Jadi kampung tematik ini nanti lebih berdimensi swafoto, foto selfie, dan dimensi pembelajaran. Nanti juga di sini warga akan kita tonjolkan pengelolaan sampahnya,” kata nya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini