Mujarabnya si Daun Sirih, Manfaat Nomor 7 Bikin Miss V Keset

Ninis Putri Harahap, Jurnalis · Senin 18 Maret 2019 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 18 481 2031500 mujarabnya-si-daun-sirih-manfaat-nomor-7-bikin-miss-v-keset-I8ZfWQ6JsG.jpg Manfaat Daun Sirih (Foto: Ist)

APAKAH Anda sering kehilangan konsentrasi atau merasa mengantuk ketika berada di situasi yang penting? Atau ada jerawat bandel di wajah Anda? Meskipun tampaknya dua kondisi tersebut tidak ada hubungannya, kedua masalah tersebut dapat dengan mudah diatasi hanya dengan satu bahan, yaitu dengan daun sirih. Tidak hanya dua masalah itu saja, ada sejumlah penyakit umum lainnya yang dapat dengan mudah disembuhkan dengan daun sirih atau minyaknya. Melansir Stylecraze, Senin (18/3/2019), ini dia 10 manfaat dari daun sirih.

Baca juga :

1. Meredakan sembelit

Daun sirih mengandung kebaikan antioksidan. Antioksidan membersihkan radikal bebas dari tubuh. Ini mengembalikan tingkat PH normal perut yang terganggu. Untuk meredakan sembelit, Anda cukup mengunyah daun sirih dan menelan jusnya dengan perut kosong setiap hari untuk meredakan sembelit. Cara lain adalah menumbuk daun sirih dengan air dan disimpan semalaman. Minumlah air yang disimpan dengan perut kosong pada hari berikutnya.

2. Mengurangi sakit lambung

Daun sirih pada dasarnya sangat membantu dalam mengurangi penyakit asam lambung. Dengan menjaga duodenum bebas dari radikal bebas yang berbahaya dan beracun. Bisa juga mengurangi keasaman yang disebabkan karena tingkat PH lambung yang tidak seimbang. Level PH yang optimal memastikan kembung mereda.

3. Meningkatkan nafsu makan

Menurunnya nafsu makan juga merupakan hasil dari gangguan perut. Kadar pH normal memicu hormon kelaparan dikeluarkan dalam jumlah yang optimal. Daun sirih sangat mampu mengembalikan tingkat pH normal lambung dengan membuang semua racun. Oleh karena itu, daun sirih mampu meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan kesehatan.

4. Menjaga kesehatan mulut

Daun sirih membantu menyegarkan napas, melindungi mulu dari kuman, bakteri, dan patogen oral lainnya. Dengan mengunyah obat tersebut,mulut akan terasa segar dan bersih. Selain itu juga bisa mencegah kerusakan gigi, membantu memperkuat gusi dan gigi dan mencegah perdarahan oral. Perlindungan ini dapat ditingkatkan dengan berkumur, pagi dan malam, setiap hari, dengan satu tetes minyak daun sirih dicampur dalam satu cangkir air hangat. Anda juga bisa merebus daun sirih dalam air dan menggunakannya sebagai bilas dan berkumur. Daun sirih juga dapat membantu mengobati sakit mulut.

5. Meredakan Batuk

Daun sirih adalah cara luar biasa untuk meredakan batuk yang terus menerus. Mereka sarat dengan kebaikan antibiotik. Antibiotik ini meredakan dahak dan juga mengurangi peradangan yang disebabkan batuk.

 

6. Meringankan Bronkitis

Salah satu kegunaan obat daun sirih adalah untuk meringankan bronkitis. Daun sirih mengurangi peradangan di sepanjang akord bronkus dan paru-paru yang menyebabkan dahak membesar. Oleh karena itu, sesak dada berkurang sehingga pernapasan menjadi lebih baik.

 

7. Sebagai antiseptik

Daun sirih dapat menjadi antiseptik yang sangat bagus. Daun sirih kaya akan polifenol, terutama chavicol. Dengan demikian, terdapat perlindungan ganda dari kuman. Sebagai antiseptik, daun sirih dapat diterapkan pada luka untuk membunuh kuman dan karena mengandung polifenol, digunakan untuk mengobati peradangan seperti radang sendi dan orkitis. Daun sirih juga bisa meredakan nyeri.

8. Mencegah infeksi jamur

Daun sirih juga merupakan obat anti jamur yang luar biasa. Infeksi jamur umumnya terjadi pada bagian tubuh yang lembab. Dengan demikian, daun sirih dapat mencegah infeksi jamur secara alami.

9. Meringankan sakit punggung dan ketegangan otot

Daun sirih bisa membantu orang yang menderita sakit punggung bagian bawah atau sakit pinggang. Tapal panas daun sirih atau jus yang dicampur dengan minyak kelapa murni yang dioleskan di pinggang memberikan kelegaan yang baik. Memijat punggung bagian bawah dengan minyak daun sirih membantu meringankan rasa sakit. Ini juga memberikan bantuan dari nyeri otot, kemerahan, dan pembengkakan.

10. Mengobati Sakit Kepala

Bagi orang yang menderita sakit kepala, daun sirih dapat menjadi obat yang tepat, karena memiliki sifat analgesik dan pendinginan. Anda bisa mengoleskan daun sirih atau minyaknya di dahi Anda untuk meringankan sakit kepala.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini