nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral karena Jago Pakai Sumpit, Haihai Kini Berjuang Melawan Leukimia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 18 Maret 2019 14:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 18 481 2031566 viral-karena-jago-pakai-sumpit-haihai-kini-berjuang-melawan-leukimia-n5ICVuMDfy.jpg Haihai berjuan melawan kanker

Masih ingat dengan bocah laki-laki yang sempat viral karena makan menggunakan sumpit? Bocah menggemaskan yang diketahui bernama Haihai itu kini sudah genap berusia 2 tahun.

Namun sayang, saat ini Haihai tengah menghadapi cobaan berat setelah didiagnosis mengidap kanker darah (leukimia) pada Januari tahun lalu. Kala itu, jumlah trombositnya hanya berkisar 1.000. Padahal, trombosit pada orang normal jumlahnya mencapai 150.000 hingga 450.000. Sel darah inilah yang membantu proses pembekuan darah normal di dalam tubuh.

 

Untuk merawat Haihai, kedua keluarganya harus melakukan perjalanan yang cukup jauh menuju Beijing. Hingga saat ini mereka telah menghabiskan dana sekitar 700.000 yuan atau setara dengan Rp1,4 miliar.

 Baca Juga: Makan Telur Kebanyakan Bisa Membunuhmu, Ini Alasannya!

Beban pikiran mereka semakin bertambah setelah nenek Haihai juga didiagnosis mengidap kanker payudara stadium akhir. Namun karena tekanan keuangan keluarga, wanita malang itu mengorbankan perawatannya sendiri untuk menyelamatkan Haihai.

 

Sementara untuk membiayai pengobatan Haihai, kedua orangtuanya terpaksa meminjam uang dari kerabat dan teman-teman terdekat. Sayangnya, keputusan tersebut membuat hubungan mereka memburuk. Alhasil, orangtua Haihai memutuskan untuk membagikan kisah pilu ini ke media sosial dengan harapan mendapat bantuan dari para dermawan.

Dalam video yang diunggah oleh sang ibu, Haihai menunjukkan bakat luar biasa dalam menggunakan sumpit. Video itu sempat viral di media sosial Kuaishou (semacam Instagram versi China). Rasa haru tak bisa tertahan ketika video beralih saat Haihai harus meminum obat-obatan dan berjuang melawan jarum suntik.

 

"Dia selalu berperilaku baik ketika darahnya harus diambil atau disuntik. Tetapi dia tidak menahan rasa takut selama jarum itu menembus kulitnya," kata ibu Haihai.

"Terlepas dari itu semua, dia hanya anak kecil. Tidak peduli seberapa kuat dia, rasa sakit itu tidak seharusnya dirasakan oleh Haihai," timpalnya.

 Baca Juga: Ma'ruf Amin Sebut Stunting Turun 7 % saat Debat Cawapres, Apa Kata Menteri Puan?

Sejauh ini, Haihai telah menjalani lebih dari 30 tusukan lumbar, di mana jarum dimasukkan ke tulang belakang.

 

"Jarum yang menembus tubuh kecilnya juga menusuk hatiku. Rasa sakit yang kurasakan tidak bisa dibandingkan dengan apapun," ungkap ibu Haihai.

Seperti yang sudah diduga, kisah Haihai berhasil menarik perhatian para netizen. Saat ini, akun Kuaishou Haihai telah diikuti oleh lebih dari 970.000 follower. Mereka bahkan telah menerima bantuan berupa makanan, pakaian, mainan, bahkan uang.

Sang ibu mengatakan, kebaikan para netizen telah mengembalikan kepercayaannya terhadap rasa kemanusiaan. Netizen bahkan memberikan julukan kepada pada bocah malang itu dengan sebutan, "Vlogger makanan paling sopan". Demikian dilansir Okezone dari AsiaOne, Senin (18/3/2019).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini