Sandiaga Uno Minum Infused Water Lemon di Debat Cawapres 2019, Apa Manfaatnya?

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 18 Maret 2019 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 18 481 2031629 sandiaga-uno-minum-infused-water-lemon-di-debat-cawapres-2019-apa-manfaatnya-A1xdit3Kpm.jpg Sandiaga Uno bawa infused water saat Debat Cawapres 2019 (Foto: Okezone)

Beberapa waktu lalu, minuman infused water sempat populer. Banyak orang yang menambahkan buah ke dalam air yang diminumnya. Hingga saat ini, beberapa orang masih ada yang melakukan hal tersebut. Salah satunya Cawapres dari pasangan nomor urut 2, Sandiaga Uno.

Kemarin, saat Debat Cawapres 2019, dirinya terlihat membawa botol minum berisi infused water yang ditambahkan lemon. Buah yang digunakan pada infused water memang sebenarnya bisa apa saja, tergantung pribadi masing-masing. Namun ada beberapa manfaat dari infused water yang ditambahkan lemon. Berikut ulasannya seperti yang dirangkum Okezone dari Healthline, Senin (18/3/2019) :

1. Menghidrasi tubuh

Air adalah minuman terbaik untuk hidrasi, tetapi beberapa orang tidak terlalu suka minum air yang tidak berasa. Oleh karenanya, menambahkan lemon dapat membuat air menjadi berasa. Hal ini dapat mendorong seseorang minum lebih banyak air.

2. Sumber vitamin C yang baik

Buah jeruk seperti lemon kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan utama untuk membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke serta menurunkan tekanan darah.

3. Membantu penurunan berat badan

Penelitian telah menunjukkan antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon secara signifikan mengurangi kenaikan berat badan pada tikus yang makan berlebihan untuk memicu obesitas. Dalam penelitian tersebut, senyawa antioksidan juga mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan resistensi insulin. Hasil yang sama bisa pula diberlakukan pada manusia.

4. Meningkatkan kualitas kulit

Vitamin C dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, mencegah kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Sebuah penelitian laboratorium pada 2016 menunjukkan minuman berbasis jeruk membantu mencegah perkembangan keriput.

5. Membantu melancarkan pencernaan

Beberapa orang minum air yang mengandung lemon sebagai pencahar di pagi hari, untuk membantu mencegah sembelit . Air lemon memang dapat membantu sistem pencernaan bekerja. Pengobatan Ayurvedic mengatakan rasa asam lemon membantu merangsang "agni" yang membuat tubuh lebih mudah mencerna makanan dan membantu mencegah penumpukan racun.

6. Menyegarkan nafas

Lemon diduga merangsang air liur dan air membantu mencegah mulut kering. Kedua manfaat ini dapat mencegah bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

7. Membantu mencegah batu ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal. Sitrat secara paradoksik membuat urin menjadi kurang asam dan bahkan dapat memecah batu kecil. Minum air lemon juga dapat membersihkan batu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini