nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta & Sejarah di Balik Gaun Pembaptisan Keluarga Kerajaan Inggris

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 19 Maret 2019 19:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 19 194 2032214 fakta-sejarah-di-balik-gaun-pembaptisan-keluarga-kerajaan-inggris-ThGySpFwE2.jpg Gaun Pembaptisan Keluarga Kerajaan Inggris (Foto: Foxnews)

SEBAGAI salah satu monarki ternama di dunia, segala sesuatu yang menyangkut tentang keluarga kerajaan Inggris pastinya selalu menarik perhatian khalayak umum. Seperti kali ini kisah di balik busana pembaptisan turun-temurun dari keluarga kerajaan Inggris. Hal ini bertepatan dengan momen pembatisan salah satu cicit Ratu Elizabeth II, Lena Tindall. Tentunya Lena pun menjalani proses pembaptisan dengan menggunakan replika gaun pembaptisan yang diketahui berusia 178 tahun.

Busana pembaptisan yang berumur 2 abad ini, dikenal dengan sebutan Honiton Christening. Gaun dengan aksen renda tersebut, aslinya ditujukan dari Ratu Victoria untuk putri sulungnya, Putri Victoria pada 1841 silam.

Gaun mewah ini, menurut keterangan dari Royal Collection Trust, tentunya tidak sembarangan dibuat. Dibuat dengan menggunakan material bahan berupa sutra Spitalfields yang dilapis dengan renda Honiton. Alih-alih dengan mesin, gaun berenda ini merupakan buatan tangan Janet Sutherland.

Baca juga :

Sejauh ini, gaun pembaptisan Honiton Christening ini sudah turun-temurun dikenakan oleh kurang lebih 62 bayi kerajaan Inggris, termasuk dari lima raja. Begitupun dengan Raja masa depan Edward VII, George V, Edward VIII dan George VI yang kesemuanya diketahui mengenakan gaun ini pada acara prosesi pembaptisan mereka.

Bahkan tak hanya itu, Ratu Elizabeth II sendiri pun mengenakan gaun Honiton ini saat dibaptis, saat dirinya masih berstatus sebagai Putri, pada Mei 1926 di Istana Buckingham. Kemudian ritual mengenakan gaun Honiton ini juga diteruskan ke putranya, Pangeran Charles dan kedua cucu laki-lakinya, Pangeran William dan Pangeran Harry.

Countess of Wessex yang baru berusia 14 tahun dikatakan sebagai bayi kerajaan terakhir yang mengenakan gaun pembaptisan Honiton versi original setelah 163 tahun pada 2004 silam.

Sedangkan yang versi replika, Ratu Elizabeth II menugaskan penasihat pakaian pribadinya Angela Kelly untuk membantu membuatnya. Nah, yang versi replika ini dikenakan pertama kali oleh James Windsor, adik dari Lady Louise Windsor saat dibaptis pada 2008 lalu. Kemudian berlanjut dipakai oleh Pangeran George, Puteri Charlotte, Pangeran Louis, Lena Tindall dan Mia Tindall. Demikian seperti Foxnews, Selasa (19/3/2019).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini