nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahukah Anda, Ternyata Kecerdasan Anak Diturunkan dari Ibu

Lien Sari Situmorang, Jurnalis · Selasa 19 Maret 2019 17:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 19 196 2032187 tahukah-anda-ternyata-kecerdasan-anak-diturunkan-dari-ibu-nPbI5Ullh9.jpg Kecerdasan anak menurun dari ibunya (Foto:Ist)

SUDAH menjadi hal yang wajar, jika orang tua berharap anaknya memiliki kecerdasan lebih dibandingkan anak lainnya. Ada pepatah mengatakan, "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya,". Ungkapan ini menggambarkan kecerdasan anak yang diwarisi dari kedua orang tuanya.

Meski banyak anggapan yang mengatakan kecerdasan diwarisi dari kedua orang tuanya, tapi tahukah Anda, bahwa kecerdasan anak diwarisi dari sang ibu? Sejumlah penelitian yang dilakukan di dalam maupun luar negeri mengungkapkan tingkat kecerdasan anak dipengaruhi faktor genetik dari orang tuanya, khususnya yang berasal dari pihak ibu.

Dalam hal ini dapat dinyatakan bahwa ibu yang cerdas berpeluang besar melahirkan anak yang cerdas pula. Anda pasti penasaran, mengapa bisa faktor kecerdasan anak diwarisi oleh ibunya, yuk kita simak bersama penjelasan berikut :

Kita tahu bahwa kecerdasan memiliki komponen turun-temurun, tetapi tergantung pada ayah maupun ibu. Namun, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak lebih cenderung mewarisi kecerdasan dari ibu, karena gen kecerdasan berada pada kromosom X.

Salah satu studi pertama di bidang ini dilakukan pada tahun 1984 di Universitas Cambridge, diikuti oleh banyak penelitian lainnya selama bertahun-tahun. Dalam studi ini, koevolusi otak dan pengkondisian genom dianalisis, yang mengarah pada kesimpulan bahwa gen ibu berkontribusi paling besar terhadap perkembangan pusat-pusat pemikiran di otak. Gen ibu mengembangkan kepala dan otak yang lebih besar, tetapi memiliki tubuh yang kecil. Sebaliknya, mereka yang memiliki dosis gen paternal ekstra memiliki otak kecil dan tubuh yang lebih besar.

Baca Juga:

Resmi Bertunangan, Intip Gaya Busana Mantan Bintang Porno Mia Khalifa Bersama Kekasih

6 Pedagang Makanan Punya Badan Seksi, Nomor 6 Bikin Melek

Robert Lehrke, misalnya, mengungkapkan bahwa sebagian besar kecerdasan anak tergantung pada kromosom X. Dia juga menunjukkan bahwa karena wanita memiliki dua kromosom X, mereka dua kali lebih mungkin untuk mengirimkan karakteristik yang berkaitan dengan kecerdasan.

Tetapi mungkin salah satu hasil paling menarik dalam pengertian ini berasal dari analisis longitudinal yang dilakukan oleh Dewan Penelitian Medis, Ilmu Sosial dan Ilmu Kesehatan Masyarakat di Glasgow, Skotlandia. Dalam studi ini, 12.686 orang muda berusia antara 14 dan 22 tahun diwawancarai setiap tahun sejak 1994. Para peneliti memperhitungkan beberapa faktor, dari warna kulit dan pendidikan hingga status sosial ekonomi. Mereka menemukan bahwa peramal kecerdasan terbaik adalah IQ sang ibu. Faktanya, IQ anak muda hanya bervariasi rata-rata 15 poin dari ibu mereka.

Genetika bukan satu-satunya faktor


Hasil gambar untuk childs and mother

Selain genetika, penelitian lain mengungkapkan bahwa ibu memainkan peran penting dalam perkembangan intelektual anak-anak, melalui kontak fisik dan emosional. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ikatan yang aman terkait erat dengan kecerdasan.

Pentingnya hubungan emosional untuk perkembangan otak telah ditunjukkan oleh para peneliti di University of Washington, yang mengungkapkan untuk pertama kalinya bahwa ikatan yang aman dan cinta ibu sangat penting untuk pertumbuhan beberapa bagian otak.

Bukan untuk mengatakan bahwa hubungan dengan ayah seharusnya tidak berkembang sepenuhnya, hanya saja karena struktur sosial kita, termasuk beberapa stereotip gender yang masih ada, biasanya ibulah yang paling banyak menghabiskan waktu bersamanya.

Selain itu, kita tidak boleh lupa bahwa bahkan jika seorang anak memiliki IQ tinggi, kita harus menstimulasi kecerdasan itu dan memeliharanya sepanjang hidup dengan tantangan baru. Kalau tidak, kecerdasan itu akan mandek.

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini