nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mitos hingga Ramalan Terlarang, Ini 5 Fakta tentang Bola Kristal

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 19 Maret 2019 07:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 19 196 2032225 mitos-hingga-ramalan-terlarang-ini-5-fakta-tentang-bola-kristal-bO2bcAldJz.jpg Bola Kristal (Foto: Livescience)

BOLA kristal adalah benda yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Bola kristal ini biasanya identik dengan sosok peramal dan berbagai kegiatan mistis lainnya. Bahkan dalam perjalanan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menuju Arab Saudi baru-baru ini, ia tertangkap kamera tengah memegang sebuah bola yang bersinar.

kala itu Persiden Trump memegang bola listrik tersebut dengan Raja Arab Saudi, Salman. Mereka tidak bermaksud untuk menyetrum diri mereka sendiri. Bola tersebut merupakan sebuah lambang yang diterangi dan dimaksudkan untuk mewakili dunia sebagai bagian dari acara yang menampilkan Global Center untuk Combanting Extremist Ideology.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa bola kristal memiliki banyak sejarah sejak ribuan tahun lalu. Bola kristal telah digunakan di seluruh dunia mulai dari Kepulauan Inggris ke China dan Amerika. Menyadur dari Live Science, Rabu (20/3/2019), dalam artikel ini Okezone akan membahas tentang lima fakta untuk tentang bola kristal.

Baca juga :

1.Druid root

Sejak zaman dahulu, bola kristal telah digunakan untuk meramalkan masa depan. Cara ini biasanya digunakan oleh orang elit Celtic yang hidup terutama di Kepulauan Inggris dan Prancis selama Zaman Perunggu. Sejarawan era Romawi, Pliny the Elder, Druid menggunakan kristal untuk meramalkan masa depan. Bahkan Julius Caesar juga menggambarkan praktik tahhayul Druid dalam sejarah lisannya tentang Perang Gallic.

2.Tren di seluruh dunia

Sebuah kode kriminal Tiongkok dari tahun 1888 menggambarkan sebuah praktik yang disebut Yuang-kuang-fuchou, atau keajaiban putaran berkilauan. Diduga praktik ini digunakan oleh seorang praktisi untuk memanggil wajah seorang pencuri yang mungkin telah mencuri barang-barangnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh David Margoliouth pada akhir 1800-an tentang ramalan Muslim, Khalif Mansur, yang hidup pada abad ke delapan, ia menggunakan cermin yang diduga bisa mengungkapkan apakah seseorang itu teman atau musuh.

3.Praktik terlarang

Ramalan menggunakan bola kristal sebagian besar telah dianggap sebagai okultisme terlarang oleh agama-agama besar dunia. Namun, dilarang bagaimanapun, bukan berarti praktik itu tidak populer. Bola-bola kristal menjadi populer sebagai aksesoris mode atau untuk mengusir roh-roh jahat di Abad Pertengahan. Bola kristal dianggap bisa mengusir hal jahat karena hubungannya dengan penyihir Merlin dalam legenda Raja Arthur. Saat ini, Merlin sering digambarkan dengan bola kristal untuk digunakan dalam ramalan.

4.Pengadilan ratu

John Dee, seorang astronom, ilmuwan dan ahli matematika yang berteman dengan tokoh-tokoh astronomi seperti Tycho Brahe dan Nicolaus Copernicus, yang juga menjabat sebagai penasihat untuk Ratu Elizabeth I. Dee beralih ke bola kristal sambil memandangi metode penyelidikan tradisional yang gagal menghasilkan hal yang memuaskan. Ia percaya bahwa sesi ramalan ini dapat menentukan "bahasa universal," yang menurutnya perlu dilakukan agar umat manusia dapat bersatu sebelum kiamat.

5.Bola kristal terkenal

Bola kristal biasanya seukuran jeruk, namun beberapa diantaranya telah berukuran jauh lebih besar. Bola kristal terbesar yang pernah ada diketahui berada di Smithsonian Institution di Washington, D.C. Beratnya 148,42 kilogram dan membentang dengan diameter 32,7 sentimeter. Bola besar itu adalah kristal kuarsa tanpa cacat terbesar di dunia. Menurut Smithsonian Institution. Bola raksasa itu pertama kali dipotong dan dipoles pada 1800-an di China, dan mineral itu sendiri mungkin telah ditambang dari Burma.

Bola kristal kedua berdiameter 28,9 cm yang dipamerkan di Crow Collection di Dallas. Bola Dallas dipotong selama periode Meiji Jepang. Bola kristal terbesar ketiga adalah bola kristal batu dari Janda Kaisar Cina, bertempat di Museum Penn di Philadelphia. Bola itu hanya berdiameter 25,4 cm dan beratnya hanya 22 kg.

Salah satu bola kristal paling terkenal di dunia adalah bola kristal Wicked Witch dari film "The Wizard of Oz". Bola kristal ini dijual seharga 129.000 USD atau setara Rp1,8 miliar di sebuah pelelangan pada 2001. Bola ini terbuat dari kaca yang ditiup dan sebenarnya sedikit menyerupai telur.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini