Belanja Online Sudah Jadi Gaya Hidup, Yuk Ambil Kesempatan

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 19 Maret 2019 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 19 612 2032099 belanja-online-sudah-jadi-gaya-hidup-yuk-ambil-kesempatan-SHoJIHVtfZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI era revolusi industri 4.0 banyak orang memanfaatkannya untuk mencari penghasilan tambahan. Banyak kaum milenial yang ingin bekerja, tetapi tidak terikat oleh waktu. Memang, saat ini semua serba praktis tidak heran banyak banyak bermunculan situs belanja online.

Banyak orang pada akhirnya semakin menyenangi belanja online, karena sangat efisien waktu dan memudahkan. Akhirnya banyak peluang baru bagi banyak orang untuk membuat usaha di bidang jasa.

Seperti Gorys Siagian, pemuda asal Sumatera Utara. Dia pilih berhenti dari pekerjaan lamanya dan berkecimpung sebagai penyedia jasa pengiriman barang.

Gorys merintis usaha ini mulai dari nol, kios yang berada di samping rumahnya dimanfaatkan sebaik mungkin. Untuk mengenalkan jasa pertama kalinya kepada pelanggan, Gorys rela memberi promo free pick up.

Baca Juga: 5 Gaya Seksi Gisel yang Bikin Netizen Gagal Fokus

Image result for belanja online shutterstock, okezone

Agar pertumbuhan bisnisnya semakin melesat, dia pun mencoba bergabung menjadi mitra P.O.S (Poin of Sales) Lion Parcel. Tak disangka, dirinya mampu mendapat penghasilan bulanan hingga Rp25juta. “Segalanya berubah tidak seperti saat saya kerja kantoran dulu,” ucap Gorys.

Tak hanya di Jakarta, dia juga mengincar wilayah Cilegon, Banten, yang mana belum tersedia jasa darinya. Ternyata potensi pasarnya besar, karena masyarakat kian senang berbelanja online.

Dalam merintis usahanya, sambung Gorys, banyak tantangan yang dihadapi. Di ibu kota bisnis jasa semacam itu sudah banyak dan bersaing ketat. "Saya jatuh bangun lho bangun ini, tapi paling membanggakan adalah saat saya dapat penghargaan,” jelasnya.

Senada, Maria Amanda, seorang ibu rumah tangga ikut terjun sebagai mitra di bidang yang sama. Saat memulai bisnisnya, perempuan yang akrab disapa Maria itu merasa keberatan.

Modal yang dia persiapkan memang sedikit. Dia merogoh kocek Rp1 juta, serta menyewa tempat usaha yang dapat dipakai hingga dua tahun lamanya. Ada juga peralatan pendukung seperti komputer, internet dan keperluan lainnya yang harus dipunyai.

Baca Juga: Resmi Bertunangan, Intip Gaya Busana Mantan Bintang Porno Mia Khalifa Bersama Kekasih

Image result for belanja online shutterstock, okezone

“Saya stres banget pas awal buka bisnis, karena saya biasanya kan bekerja di perusahaan tapi sekarang saya yang punya perusahaan dan sempat down banget. Dari yang cuma 5 kilogram dan sekarang saya handle puluhan kilo bahkan ratusan kilo setiap harinya,” tuturnya.

Rasanya sebagai kaum milenial, setidaknya harus kreatif dan aktif mencari pekerjaan sampingan untuk meningkatkan daya saing. Bahkan, waktu bekerjanya pun fleksibel, apalagi bagi seorang ibu rumah tangga yang punya banyak waktu senggang.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini