Edukasi Budidaya Rempah Bangun Kampung Inovasi Cimone

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 19 Maret 2019 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 19 612 2032341 edukasi-budidaya-rempah-bangun-kampung-inovasi-cimone-nS8BOo4bi3.jpg Pembuatan Kebun Edukasi Rempah dan Rimpang (Foto: Istimewa)

Sejak berdiri pada tahun 2012, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan telah memberikan beasiswa bagi lebih dari 20.000 putera-puteri terbaik Indonesia untuk melanjutkan studi pascasarjana serta melakukan riset pada perguruan-perguruan tinggi terbaik di dalam dan luar negeri. Kini banyak pihak mulai mempertanyakan kontribusi nyata dari proses menuntut ilmu yang dibiayai oleh uang rakyat ini.

Ikatan Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia Angkatan 140 "Andrawinapala" berusaha menyediakan jawaban konkret dengan mengadakan kegiatan sosial bertema "Rempah Pangan Lestari" guna mengembangkan potensi sumber daya manusia dan ekonomi di Kampung Inovasi Cimone, Tangerang.

Nilai sosial, sejarah dan ekonomi rempah-rempah Nusantara menginspirasi mereka untuk mendorong warga menanam rempah bernilai ekonomis tinggi seperti jahe merah dan kunyit putih dengan memanfaatkan lahan sempit di perkampungan.

kebun edukasi

"Rempah-rempah menjadi komoditas paling dicari saat masa penjelajahan bangsa Eropa abad 15 hingga 17. Keanekaragaman rempah yang harmonis ketika diramu dalam sajian masakan juga merefleksikan penduduk Indonesia yang bersatu dalam kebhinnekaan. Kami ingin sekali berbagi manfaat dan inspirasi dari rempah ini dengan bekerja bersama masyarakat," kata Hargyo Tri Nugroho, mewakili 100 lebih rekan-rekannya yang baru saja lulus seleksi beasiswa pada akhir tahun 2018 lalu. Ia sendiri akan melanjutkan studi doktoral di University of Birmingham, Inggris.

csr

Lebih lanjut Hargyo menjelaskan niat rekan-rekannya untuk memulai kontribusi nyata dari kegiatan sosial ini bahkan sebelum memulai studi. Rangkaian kegiatan bekerja bersama masyarakat telah mereka mulai sejak 3 Maret lalu dengan penyuluhan budidaya tanaman, pelatihan hidroponik tanpa listrik, perbaikan kebun edukasi rimpang-rempah, green house dan perpustakaan di Madrasah Yayasan Pendidikan Islam Darul Hikmah yang berlokasi di sekitar Kampung Inovasi Cimone. Sebagai puncak kegiatan, hari ini warga dan para penerima beasiswa menyelenggarakan festival edukasi rempah untuk anak-anak melalui berbagai permainan, serta peresmian mural hasil kreasi bersama.

Bapak Suherman, Ketua RT 01 mewakili warga setempat dalam acara pembukaan festival mengungkapkan antusiasmenya atas kehadiran para penerima beasiswa untuk bekerja bersama di kampungnya. "Rekan-rekan ini membawa inspirasi dan ilmu tentang rempah yang semoga dapat memberi warga kegiatan yang produktif serta menambah pendapatan. Langkah kami selanjutnya adalah menerapkan ilmu ini secara berkelanjutan"

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini