nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Penumpang Ojol Pria jika Dapat Driver Wanita, Pernah Ngalamin Gak?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 17:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 20 196 2032628 cerita-penumpang-ojol-pria-jika-dapat-supir-wanita-pernah-ngalamin-gak-CJUlhuJ4Wr.jpg Begini cerita penumpang ojek online pria dapat supir wanita (Foto: Dok.Okezone)

SEIRING perkembangan zaman yang makin modern, bentuk nyata dari gender equality atau kesetaraan gender semakin bisa terlihat bentuknya di lingkungan sosial sekitar kita.

Mau tahu contohnya? Coba tengok saja, kini yang namanya profesi sebagai driver ojek tidak hanya dijalani oleh kaum Adam. Padahal dulu, seperti halnya profesi montir bengkel, atau driver bis, titel pekerjaan ini lekat imejnya sebagai pekerjaan laki-laki.

Sekarang di jalanan raya, kita cukup mudah bertemu dengan driver ojek wanita khususnya layanan ojek online atau biasa disebut ojol. Walau memang belum terlalu banyak seperti driver ojol laki-laki, tapi kehadiran para driver ojol wanita nyata adanya di depan mata kita.

 BACA JUGA : Jam Tidur 12 Zodiak, Siapa Paling Doyan Molor?

Perihal driver ojek online wanita, jadi penasaran kan sekiranya seperti apa sih respon dari penumpang laki-laki pengguna layanan ojol ini? Maka dari itu, Okezone pun mewawancarai seorang pengguna layanan ojek online, Jody Prabowo, Rabu (20/3/2019) seorang karyawan swasta yang sehari-harinya merupakan pengguna aktif ojek online.

 

(ilustrasi ojek online/Dok.Okezone)

Kepada Okezone, Jody menerangkan ia setiap harinya menggunakan layanan ojek online dengan rute dari kediamannya di Pamulang, Tangerang Selatan menuju Stasiun Rawa Buntu saat berangkat menuju kantornya di bilangan Sudirman, Jakarta. Kemudian saat pulang dengan rute dari Stasiun Rawa Buntu menuju Pamulang, Tangerang Selatan.

Ketika ditanya apa responnya jika mengetahui ternyata driver ojek online yang ia pesan adalah wanita, sedangkan dirinya sebagai penumpang adalah laki-laki, Jody mengaku ia sebagai laki-laki merasa takjub.

“Takjub sih, tapi sebisa mungkin enggak terlalu diperlihatkan. Saya inisiatif langsung nawarin tuker nyupir, saya saja yang kendarai motornya,” aku Jody.

Ketika ditanya lebih lanjut seberapa sering ia mendapatkan ojek online yang ia pesan ternyata dikendarai oleh driver wanita, ayah satu orang putra ini menerangkan uniknya ia cukup sering mendapatkan driver wanita. Mulai dari mahasiswi hingga ibu-ibu.

“Beberapa kali, kaget juga. Ada yang mba-mba kuliahan, mahasiswi sambil nge-ojol, dapet driver ibu-ibu juga ada,” imbuhnya.

 BACA JUGA : Paduan Hijab Boyish ala Sivia Azizah, Keren Banget!

Jody menambahkan, sebagai laki-laki walaupun berstatus sebagai penumpang, ia sebisa mungkin memposisikan diri sebagai pihak yang menyetir jika mendapatkan driver ojek wanita. Sebab menurutnya, jika ia yang diboncengi oleh driver ojek wanita adalah hal yang tidak etis.

“Awalnya mereka biasanya menolak, tapi saya paksa. Enggak etis sih menurut saya, ditambah juga rasanya kasihan pasti keberatan beban kalau membonceng saya nanti disangka lagi bawa beruang sirkus,” seloroh Jody.

Terakhir, pria berusia 29 tahun ini mengungkapkan walau bertukar posisi dengan driver, ia tetap menjalankan kewajibannya sebagai penumpang dengan tetap membayar ongkos perjalanan. “Tetap bayar pakai layanan Go-Pay, kadang kalau lagi ada lebihan ya kasih tip juga,” tandasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini