nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Susah Makan, Ini Tips Jitu Alyssa Soebandono

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 03:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 20 196 2032799 anak-susah-makan-ini-tips-jitu-alyssa-soebandono-g4J8HiUEmR.jpg Tips jitu Alyssa Soebandono agar anak mau makan (Foto:Ist)

ANAK-ANAK kerap memiliki masalah pada nafsu makan. Mereka suka ngadat dan enggan mengonsumsi makanan yang diberikan orangtuanya tanpa sebab yang jelas. Ini adalah hal yang paling sering dialami oleh para orangtua dan bisa berakhir dengan fatal apabila tidak dipecahkan.

Tentunya hal ini bisa menjadi tantangan khusus bagi para orangtua. Mereka harus memutar otak untuk mencari jalan keluar supaya napsu makan sang buah hati kembali seperti semula

Sekilas hal ini tampak sangat sederhana, namun tanpa trik maupun pengalaman khusus, napsu makan seorang anak akan terasa sulit untuk dikembalikan. Ya, hal inilah yang sempat dirasakan oleh artis cantik, Alyssa Soebandono.

Ia mengaku sempat merasakan momen dimana anaknya sulit untuk makan. Namun, dengan sikap disiplin dan membiasakan anak tatacara makan sejak dini, maka sedikit demi sedikit buah hatinya sudah bisa mengerti kapan dirinya harus makan.

 

“Saya berusaha untuk membiasakan anak makan sambil duduk. Hal ini diterapkan supaya ia tahu saat duduk adalah waktunya untuk makan. Saya sudah mengajarkan anak untuk menggunakan alat makan pada usia 19 bulan. Meski belum mahir, yang penting kebersamaan dalam meja makan,” ucap Alyssa saat diwawancarai Okezone, Rabu 20 Maret 2019.

Baca Juga:

Hati-Hati, Ini 4 Dampak Kebanyakan Minum Air Putih

Gaya Nia Ramadhani yang Kelewat Seksi saat Ambil Rapot, Netizen Auto-Julid

Tak sampai di situ, ibu dua orang anak ini juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada anak untuk bereksperimen dan menemukan cara ternikmatnya ketika sedang mengonsumsi makanan.

“Saya membiarkan anak untuk bereksperimen ketika makan. Jadi saya membiarkan dia makan sendiri meski berantakan. Jangan pernah untuk dimarahi, karena hal itu bisa menimbulkan rasa takut dan trauma,” lanjutnya.

Istri aktor tampan Dude Herlino ini, menambahkan bahwa orangtua tidak pernah lepas dari kata belajar. Pasalnya setiap anak memiliki cara tersendiri untuk dilatih. Cara melatihnya pun berbeda satu sama lainnya. Oleh sebab itu orangtua harus cermat dan bisa memilah langkah apa yang harus diambilnya.

“Menjadi orangtua tidak pernah ada habisnya untuk belajar. Jadi apa yang diterangkan ke anak saya yang satu, tidak bisa diterapkan ke anak yang lainnya. Pastinya saya harus tetap update lagi tentang nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap anak saya,” tuntasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini