nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ruangan Tetap Nyaman dan Sejuk meski Tanpa AC, Begini Caranya

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 09:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 20 196 2032828 ruangan-tetap-nyaman-dan-sejuk-meski-tanpa-ac-begini-caranya-MVGOw4jXZB.jpg Ruangan tetap sejuk meski tanpa AC, begini caranya (Foto: Makingworldbeautiful)

MEMILIKI hunian yang nyaman dan sejuk merupakan impian Anda dan keluarga. Anda pun bisa mewujudkannya dengan memberikan sirkulasi udara di rumah secara maksimal sehingga menghasilkan kesejukan alami Ruangan yang selalu terasa panas tentu sangat tidak nyaman untuk penghuninya.

Banyak orang menginginkan cara yang mudah dan selalu memilih menggunakan pendingin ruangan atau AC. Padahal, ada solusi lain yang juga bisa membuat hunian Anda terasa nyaman. Dengan sedikit menata bagian dalam rumah Anda, udara yang sejuk pun bisa Anda hadirkan di dalamnya.

BACA JUGA : Viral Tutorial Belah Durian Pakai Gelang Karet, Netizen: Begini Amat Nasib Karet Gelang

Desain penyejukan pasif adalah salah satu kalimat yang dituturkan arsitek Satrio Herlambang untuk gaya rumah dengan banyak bukaan. Artinya, tanpa menggunakan bantuan alat apa pun, udara di ruangan tetap sejuk.

Untuk menghadirkan konsep ini di rumah tidaklah rumit. Anda bisa memulainya dengan menjaga panas di luar ruangan, meningkatkan sirkulasi udara, dan meminimalkan panas yang diserap bangunan.

Hal tersebut sangat melibatkan bagian atap, dinding, jendela, dan lantai. Memaksimalkan bukaan melalui jendela dan ventilasi untuk menciptakan rumah yang nyaman, sejuk, sekaligus sehat, aliran sirkulasi udara yang baik di rumah menjadi syarat mutlak yang harus di utamakan.

“Ruangan yang terasa panas bisa disebabkan banyak hal. Kurangnya bukaan atau ventilasi adalah penyebab yang paling umum terjadi. Karena kurangnya ventilasi, pertukaran di dalam ruangan tidak akan maksimal,” ucap Satrio. Penggunaan jendela mungkin dirasakan kurang cukup untuk memaksimalkan sirkulasi udara di dalam ruangan.

 BACA JUGA: Cegah Stunting, Alyssa Soebandono Lakukan Ini untuk Penuhi Gizi si Kecil

Agar pertukaran jendela dalam ruangan berjalan dengan baik, alangkah baiknya membuat ventilasi dengan model silang atau cross ventilation . Dengan dua buah jendela besar dan dibuat secara berhadapan satu sama lain, pastinya udara yang sejuk di ruangan bisa Anda rasakan.

Hal yang sama juga ditegaskan arsitek tropis Ren Katili. Ventilasi silang sangat memungkinkan udara mengalir dari dalam ke luar dan sebaliknya tanpa harus melewati bagian ruangan lainnya. Udara yang masuk dari satu jendela akan langsung dialirkan keluar oleh jendela yang ada di hadapannya dan berganti udara baru.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini