Cek Kesehatan dari Kondisi Penis, Termasuk Adanya Kanker

Amanda Rahmadianti Syafira, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 20 481 2032762 cek-kesehatan-dari-kondisi-penis-termasuk-adanya-kanker-PR4afkUjxN.jpg Penis bisa ungkap kondisi kesehatan (Foto:Thesun)

BAGIAN tubuh Anda bisa menjadi tanda tentang bagaimana kondisi kesehatan Anda. Tidak terkecuali dengan melihat bagaimana kondisi penis.

Sering kali pergi ke toilet di tengah malam, bisa menjadi pertanda penyakit prostat atau diabetes. Sulit mendapatkan ereksi dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan mental serta masalah pada tekanan darah.

Meskipun semua penis berbeda, ada tanda-tanda tertentu yang harus diperhatikan oleh setiap pria. Jika warna penis Anda berubah, teksturnya tampak berbeda atau tiba-tiba mulai banyak tonjolan kecil pada penis, ini adalah waktu tepat memeriksakannya ke dokter.

Baca Juga:

Hati-Hati, Ini 4 Dampak Kebanyakan Minum Air Putih

Gaya Nia Ramadhani yang Kelewat Seksi saat Ambil Rapot, Netizen Auto-Julid

Inilah delapan hal yang dapat digambarkan penis Anda tentang kesehatan Anda.

1. Gatal

Gatal adalah gejala umum infeksi jamur. Biasanya dalam kasus penis yang gatal, itu bisa menjadi tanda Anda mengalami peradangan pada kulup atau kepala penis. Itu bisa disebabkan penyakit seperti herpes atau Anda tidak membersihkan penis sampai bersih.

2. Lebih kencang dari biasanya

Jika Anda bangun dan kulit khatan Anda terasa seperti menyusut tetapi tidak menyakitkan, Anda mungkin memiliki sesuatu yang disebut Lichen Sclerosus. Ahli Urologi Dr. Ryan Terlecki mengatakan bahwa kondisi ini biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau sistem kekebalan tubuh.

Jika dibiarkan dan tidak diobati dapat menutup saluran kemih. Jadi, jika Anda belum disunat dan bangun dengan perasaan sesak, sangat layak untuk diperiksa.

3. Muncul bintik-bintik

Bintik Fordyce adalah bintik-bintik kecil berwarna kuning atau putih di kepala atau batang penis Anda. Mereka sangat umum dan dapat muncul di tempat lain yang ada di tubuh termasuk bibir. Mereka adalah kelenjar Sebaceous, jadi Anda tidak perlu menjalani perawatan.

4. Pelepasan tidak normal

Ini cenderung menjadi gejala umum gonore dan infeksi menular seksual lainnya. Tapi itu juga merupakan salah satu tanda utama kanker penis, terutama jika baunya tersebut sangat buruk. Tanda-tanda kanker lainnya dapat berupa penebalan kulit, perubahan warna kulit penis pada kulit khatan, tetapi Anda pergi ke Dokter jangan menunggu setiap gejala muncul terlebih dahulu.

5.Muncul benjolan

Benjolan bisa sangat menakutkan, jadi Anda jangan mengabaikannya.

Benjolan pada penis bisa menjadi tanda terkenanya kanker penis, sedangkan benjolan yang ditemukan di sekitar dua bola kembar penis Anda bisa menjadi gejala kanker testis. Kanker penis jauh lebih jarang tetapi deteksi dini dan pengobatan sangat penting.

Meskipun benjolan pada penis Anda bukan disebabkan oleh kanker penis, itu tetap perlu diperiksakan ke Dokter.

 Penile cancer is rare but it does happen

6. Ada banyak benjolan kecil-kecil

Jika Anda menemukan banyak tonjolan kecil, mungkin itu merupakan reaksi alergi terhadap sabun cuci Anda atau mungkin Anda memiliki infeksi menular seksual.

Luka dan bisul juga merupakan gejala dari penyakit seperti herpes yang pasti membutuhkan perhatian medis. Benjolan kecil daging di sekitar kepala juga bisa berupa papula penis mutiara. NHS mengatakan bahwa mereka biasanya berada di sekitar kepala penis. Mereka bukan disebabkan oleh kebersihan yang buruk atau Infeksi Menular Seksual dan mereka tidak memerlukan perawatan apa pun.

7. Ada lekukan saat ereksi

Normal bagi penis untuk memiliki sedikit lekukan ketika sedang ereksi. Tetapi jika Anda menemukan lekukan yang aneh, maka dokter Anda perlu melihatnya.

Lekungan bisa menjadi gejala penyakit Peyronie. Biasanya cenderung menyerang pria berumur di atas 40 tahun tetapi itu bisa terjadi pada usia berapa pun dan itu juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi.

8. Darah dalam urin

 

Segera pergi ke dokter jika Anda menemukan darah yang muncul tiba-tiba dalam urin. Dalam hal kesehatan penis, itu bisa menjadi tanda gejala kanker kandung kemih. Jika Anda menemukan darah ketika Anda buang air kecil, segera periksakan ke dokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini