Bukan Malaysia, Negara Ini yang Kreatifnya Mirip Indonesia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 20 612 2032563 bukan-malaysia-negara-ini-yang-kreatifnya-mirip-indonesia-hKENAwRB7J.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA ini Anda mungkin mengira kalau Indonesia itu tidak jauh berbeda dengan Malaysia. Mulai dari bahasa, makanan, hingga beberapa budaya yang punya kesamaan.

Hal ini mungkin karena Indonesia dan Malaysia satu rumpun. Makanya, orang Malaysia bisa mengerti apa yang dibicarakan orang Indonesia, pun sebaliknya, meski tidak sepenuhnya paham.

Seperti yang disampaikan juga Cheif Operating Officer (COO) Gushcloud Marketing Group (GMG) Gushcloud International Oddie Randa, karena satu rumpun, makanya Indonesia biasa dianggap mirip dengan Malaysia. Bicara mengenai bahasa yang digunakan, Oddie menuturkan kalau orang Malaysia sepenuhnya akan paham dengan bahasa Indonesia.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 4 Dampak Kebanyakan Minum Air Putih

Tapi, ada satu fakta yang mungkin membuat Anda kaget. Menurut dia, bukan Malaysia yang "mirip" dengan Indonesia tetapi Filipina. Ini dilihat dari bagaimana etos kerja masyarakatnya.

Ya, menurut Oddie,cara kerja dan cara berpikir masyarakat Filipina itu ternyata mirip dengan Indonesia. Mereka kecenderungannya bisa berpikir secara kreatif sama dengan orang Indonesia.

"Kalau ditanya negara mana yang mirip dengan Indonesia, saya menyatakan Filipina. Mereka sama-sama kreatif seperti orang Indonesia," ujarnya saat berkunjung ke kantor Okezone di Gedung iNews Kebon Sirih, Jakarta Pusat sambil tersenyum.

Baca Juga: Resmi Bertunangan, Intip Gaya Busana Mantan Bintang Porno Mia Khalifa Bersama Kekasih

Walau kalau kita bicara culture dan lifestyle Filipina lebih condong ke Amerika Serikat, tapi kalau sudah bicara etos bekerja, bagi Oddie negara ini sangat mirip dengan Indonesia. "Sadar atau tidak, mereka para kreator atau artis hebat yang alirannya kreatif, kalau tidak datang dari Indonesia, ya Filipina," singkatnya.

Sekali lagi, kemiripan ini dilihat bukan dari kultur atau budaya. Kalau terkait itu, tentu Indonesia mirip dengan Malaysia. Nah, kalau bicara mengenai cara bekerja dan berpikir, Oddi menegaskan Indonesia itu mirip Filipina.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini