nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Netizen! Ini Alasan Kamu Harus Bangga dengan Bahasa Indonesia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 18:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 20 612 2032695 netizen-ini-alasan-kamu-harus-bangga-dengan-bahasa-indonesia-e0AmmNv2Gj.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBERAPA bagus bahasa Indonesiamu? Ketika ditanya seperti itu, Anda pasti berkata sangat bagus, karena saya lahir di Indonesia. Tapi, seberapa sering Anda menggunakan bahasa Indonesia yang formal, baik di percakapan sehari-hari, maupun di media sosial?

Banyak orang merasa menggunakan bahasa Indonesia yang formal seperti orang yang kaku, terlalu ketinggalan zaman dan sederet pandangan skeptis lainnya. Akibatnya, lebih banyak orang mencampurkan bahasa Inggris dengan bahasa gaul, agar terkesan modern.

Baca Juga: Resmi Bertunangan, Intip Gaya Busana Mantan Bintang Porno Mia Khalifa Bersama Kekasih

Padahal, yang mungkin Anda tidak ketahui adalah bahasa Indonesia dianggap sebagai bahasa dengan kasta tertinggi di Asia. Tidak percaya? Chief Operation Officer Gushcloud Marketing Group (GMG) Gushcloud International Oddie Randa menyebut bahasa Indonesia diakui sebagai bahasa elit.

"Orang Malaysia menganggap bahasa Indonesia itu bahasa Melayu paling tepat dan punya kelas paling tinggi," paparnya saat berkunjung ke kantor Okezone di Gedung iNews Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Menurutnya, di Asia tenggara bukan hanya Malaysia yang mengakui bahasa Indonesia, tetapi juga Singapura. Tidak heran, jika kemudian banyak dari orang Malaysia ataupun Singapura yang mencoba mempelajari bahasa Indonesia.

Baca Juga:  6 Pedagang Makanan Punya Badan Seksi, Nomor 6 Bikin Melek

Memang, lanjut Oddie, Anda mungkin akan sulit memahami bahasa Melayu, tapi tidak demikian dengan masyarakat Malaysia. "Mereka bisa paham bahasa kita, buat orang Malaysia, bahasa Indonesia formal itu bahasa Melayu lebih tinggi, lebih berpendidikan," tuturnya.

Nah, kalau Anda termasuk orang yang sering update dan bercengkrama di media sosial, ada baiknya Anda sebagai netizen mulai menggunakan bahasa Indonesia formal. Lebih elit loh!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini