nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Peran Penting Barista, Ternyata Tak Sekadar Penyaji Kopi

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 15:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 21 298 2033032 ini-peran-penting-barista-ternyata-tak-sekadar-penyaji-kopi-kfUFOLSoYu.jpg Ternyata ini peran penting barista (Foto: Sabkurablog)

TINGKAT konsumsi masyarakat terhadap kopi sekarang ini kian bertambah. Semakin banyak orang yang datang ke gerai kopi untuk sekadar minum kopi, menyelesaikan pekerjaan, atau bertemu dengan orang lain. Maka tak heran bila gerai kopi semakin menjamur termasuk yang menyediakan menu kemasan.

Seiring itu pula semakin banyak pihak yang menyelenggarakan festival kopi. Dalam festival tersebut, biasanya pengunjung bisa mencari tahu lebih dalam mengenai seluk beluk kopi. Bagi para pencinta kopi, festival tersebut sering dimanfaatkan untuk berburu biji kopi maupun kopi bubuk terbaik guna dikonsumsi sehari-hari.

Dalam festival kopi pula sering diadakan kompetisi yang melibatkan barista. Sebut saja latte art competition maupun cupping competition. Menurut Co-Founder Klasik Beans, Eko Purnomowidi, kompetisi yang melibatkan barista tak hanya sekadar mencari pemenang melainkan juga meningkatkan kualitas barista tersebut.

BACA JUGA ;   Sifat Selingkuh Keturunan dari Orang Tua? Ini Jawaban Pakar

"Kompetisi merupakan kesempatan bagi barista untuk menggali ilmunya seputar kopi. Sehari-hari mereka enggak ketemu langsung dengan petani kopi. Adanya kompetisi membuat barista mengetahui kopi yang dibuatnya berasal darimana, karakteristiknya seperti apa, aromanya, dan lain sebagainya," tutur Eko saat ditemui Okezone dalam acara 'Coffee & Artisans' di The Forum dan koridor lantai dasar Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Utara. Acara tersebut berlangsung pada 20-24 Maret 2019.

 

Lebih lanjut Eko mengatakan, dengan mengetahui seluk beluk kopi, barista akan belajar prosesnya dari awal. Berbagai pengetahuan yang dimilikinya dapat meningkatkan cara menyajikan kopi terbaik sesuai dengan asal biji kopi. Selain itu, barista juga bisa memberikan informasi kepada pencinta kopi seputar kopi yang dinikmatinya.

"Kompetisi itu jadi saling berhubungan, kita jadi tahu kopi seperti apa. Ilmu seputar kopi itu dua arah. Bagian terpenting bukan hanya di roasting dan penyeduhan yang dilakukan barista, tapi juga sharing antara barista dengan petani kopi mengenai karakteristik biji kopi yang hendak dibuat karena petani yang menanam," jelas Eko.

Baca juga : Viral Gadis Seksi Penjual Durian, Jadi Mau Ngeborong?

Di sisi lain, barista memiliki peran penting sebagai penghubung antara pencinta kopi dengan petani kopi. "Barista itu ada di bagian ujung, garda terdepan untuk memperkenalkan kopi kepada pencintanya. Kalau tidak ada barista, pencinta kopi tidak bisa menikmati biji kopi yang dihasilkan oleh para petani. Dengan adanya barista, petani kopi juga menjadi tenang karena kopi yang ditanamnya ada yang minum," pungkas Edi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini