nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Disebut Rajanya Air, Penelitian Ilmiah Sebut Zamzam Bisa Bikin Awet Muda

Rahma Yulita, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 12:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 21 481 2033005 disebut-rajanya-air-penelitian-ilmiah-sebut-zamzam-bisa-bikin-awet-muda-O3bcOnwjv1.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERNAH mencoba air zamzam? Air zamzam pertama kali muncul ke permukaan bumi sejak zaman Nabi Ibrahim, tepatnya saat Nabi Ibrahim menempatkan Siti Hajar dan Nabi Ismail di padang pasir kering kerontang.

Dengan hentakkan kaki Nabi Ismail yang kala itu masih bayi, kemudian muncul mata air dari dalam pasir dengan derasnya. Air itulah yang sampai sekarang dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia sebagai air zamzam.

Selain karena kemunculannya yang aneh namun menarik perhatian banyak orang, air zamzam dipercaya memiliki khasiat yang berbeda dengan air-air lainnya. Pada tahun 2003, sempat dilakukan penelitian oleh Dr. Masaru Emoto, seorang peneliti dari Hado Institure di Jepang, yang mengungkap keajaiban dari air zamzam.

Baca Juga: Viral Gadis Seksi Penjual Durian, Jadi Mau Ngeborong?

Image result for Minum air shutterstock, okezone

Penelitian yang dilakukannya tersebut melibatkan kumpulan dari ribuan foto kristal air yang ada di seluruh dunia. Menurutnya, air memiliki sifat yang mampu merekam pesan, dan pesan yang disampaikan ke sebuah air akan direkam oleh molekul yang ada di air itu sendiri.

Apabila air diminum, maka akan merambat ke dalam tubuh serta mempengaruhi molekul air yang ada pada tubuh. Dengan demikian, air zamzam apabila diminum bisa membantu menyembuhkan penyakit yang diderita oleh manusia.

Dr. Masaru Emoto dalam bukunya, The True Power of Water menyebutkan bahwa dari sejumlah molekul yang ia teliti, hanya molekul air zamzam yang bentuknya teratur. Molekul air zamzam berbentuk kristal indah teratur dan berkilauan seperti berlian.

Baca Juga: Sifat Selingkuh Keturunan dari Orang Tua? Ini Jawaban Pakar
Image result for Minum air shutterstock, okezone

Air zamzam ini juga dipercaya tidak memiliki bakteri sedikit pun. Berbagai riset telah dilakukan untuk mencari jawaban apakah ada bakteri yang terdapat di dalam air zamzam, namun tidak ada hasil yang menyatakan hal tersebut benar. Sekalipun ada, itu bukanlah berasal dari dalam airnya melainkan tempat atau wadah tempat air zamzam tersimpan yang telah terkontaminasi dengan bakteri.

Air zamzam disebut sebagai rajanya air. Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziah, air zamzam ini merupakan air yang terbaik dan memiliki derajat yang paling tinggi jika dibandingkan dengan air-air lainnya. Khasiat air zamzam juga tidak bisa diragukan lagi. Air zamzam dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit jika rajin dikonsumsi.

Hasil analisis laboratorium dan penelitian mikroskopik menyimpulkan bahwa satu liter air zamzam mengandung Kalsium 200 mg, Magnesium 50 mg, Sodium 250 mg, Potassium 120 mg, Klorin 350 mg, Sulfur 370 mg, Bikarbonat 366 mg, Nitrat 270 mg, dan Nitrit 0,01 mg.

Dengan hasil tersebut, air zamzam ini emmang kaya akan bikarbonat yang membantu pencernaan. Walaupun air zamzam tidak terlalu lezat, agak sedikit asin karena mengandung banyak mineral, air ini memiliki banyak khasiat yang tidak bisa ditemukan dari air-air lainnya.

Dari beberapa kisah pengalaman orang-orang yang pernah mencoba khasiatnya, air zamzam bisa menjaga kestabilan tubuh, sebagai pengganti makanan sehari-hari.

Disebutkan dalam buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr. Zakir Naik' bahwa ada yang mencoba air zamzam hingga setengah bulan lebih hanya mengonsumsi air tersebut. Mereka tidak merasakan lapar, bahkan mereka dapat melakukan thawaf.

Selain itu, air zamzam juga berkhasiat untuk kecantikan. Air zamzam bisa membantu pergantian sel-sel kulit mati dan mengubahnya dengan sel-sel kulit baru.

Perubahan sel kulit mati mempunyai tujuan untuk membuat cerah kulit muka serta jadikan kulit muka kenyal seperti bayi. Penggunaan air zamzam untuk kecantikan wajah ini dapat digunakan dengan hanya membasuh muka dengan air zamzam secara rutin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini