nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Rematik? Jangan Sampai 2 Penyakit Mengerikan Ini Hantui Anda

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 23:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 21 481 2033284 punya-rematik-jangan-sampai-2-penyakit-mengerikan-ini-hantui-anda-N0g9Ptt0KM.jpg Penyakit rematik (Foto:Everydayhealth)

PERNAHKAH Anda mengalami nyeri yang tak tertahankan pada bagian tubuh? Jika ya, ada baiknya segera memeriksakan penyakit tersebut ke dokter atau rumah sakit, karena bisa saja Anda mengalami penyakit psoriatic arthritis (PsA).

PsA adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh mulai menyerang sel dan jaringan yang sehat. Respon imun yang abnormal akan menyebabkan peradangan pada persendian serta kelebihan produksi sel-sel kulit.

Diketahui sekira 1,3-34,7 persen penderita Psoriasis mengalami radang sendi kronis yang mengarah pada deformasi sendi dan kecacatan. Selain PsA, ada penyakit serupa bernama Ankylosing Spondylitis (AS). Perbedaannya, AS biasanya menyebabkan peradangan (arthritis) pada sendi tulang belakang.

Hasil gambar untuk psoriatic arthritis

Penyakit ini membuat ruas tulang belakang menyatu sehingga penderita sulit bergerak, menjadi bungkuk dan kesulitan bernapas. Menurut Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Reumatologi, dr. Rudy Hidayat, SpPD-KR, mengatakan penyakit AS sebenarnya jarang sekali ditemui. Bahkan skalanya itu hanya 1:1000.

Lebih lanjut seseorang memiliki potensi terkena PsA hanya sebesar dua persen. Meski demikian, seorang penderita psoriasis belum tentu mengalami arthritis. Hanya 40 persen pasien psoriasis yang mengalami PsA. Kedua penyakit ini masuk ke dalam golongan tipe penyakit rematik yang memiliki banyak sekali macamnya.

Baca Juga:

Deretan 4 Kekasih Lucinta Luna, Pria Nomor 2 Pernah Seranjang

Lucinta Luna Menikah, Netizen: Malam Pertama Main Pedang-Pedangan!

“Psoriasis awalnya menyerang kulit hingga kuku, dan jika tidak diatasi maka jari akan menyusut hingga melengkung. Hingga saat ini, penyakit AS maupun PsA masih belum bisa disembuhkan. Hanya ada obat yang berfungsi untuk mengendalikan penyakit tersebut,” terang dr. Rudy, dalam acara Inovasi Alternatif Pengobatan Baru AS dan PsA, Kamis (21/3/2019).

Tak kalah menyeramkannya dengan PsA, AS juga bisa mengakibatkan penderitanya mengalami hal yang menyakitkan. Namun. AS biasanya hanya menyerang bagian tulang belakang manusia, sendi-sendinya akan mengeras dan menjadi tidak fleksibel hingga berbentuk menyerupai bamboo.

“Seperti dengan namanya ankylosing yaitu sebuah penyakit dimana sendi tulang belakang menjadi mengeras hingga ruas-ruasnya menyatu. Jika seorang penderita melakukan X-ray, maka tulang belakangnya akan berbentuk menyerupai bambu yang biasa dikenal dengan Bambo0 Spine.

“Ankylosing itu merupakan gangguan sendi dimana sendi tulang belakang seseorang mengeras hingga ruasnya berdempetan hingga menyerupai bambu. Penyakit ini akan membuat tulang menjadi tidak bisa ditekuk,” tuntasnya.

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini