nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Asal Coba, Ini yang Perlu Diketahui Sebelum Terapkan Filler

Rahma Yulita, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 20:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 21 611 2033235 jangan-asal-coba-ini-yang-perlu-diketahui-sebelum-terapkan-filler-gDaghDyL75.jpg Hal-hal perlu diketahui sebelum terapkan filler (Foto:Ist)

KECANTIKAN adalah suatu hal yang sangat melekat dengan para wanita. Banyak sekali wanita yang rela melakukan apa pun agar wajahnya terlihat lebih cantik dan menarik lagi. Selain dengan perawatan sendiri atau yang lebih dikenal dengan menggunakan produk-produk skincare, tidak jarang dari mereka memilih untuk menggunakan perawatan dokter.

Perawatan dari dokter yang dewasa ini banyak menarik minat para wanita mulai dari usia remaja hingga yang usia lanjut adalah filler. Filler adalah proses penyuntikkan cairan hyaluronic acid ke dalam lapisan kulit. Efeknya macam-macam, bisa digunakan untuk memberi efek plump, atau mengisi bagian wajah yang kurang berisi.

Semakin banyak yang meminati perawatan filler ini karena perawatan ini dipercaya memberikan efek yang instan untuk wajah. Namun sebaiknya, sebelum melakukan filler, perlu juga mengetahui lebih dalam tentang hal-hal seputar filler juga apa saja yang sekiranya perlu dipersiapkan sebelum melakukan perawatan ini.

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa usia yang paling aman untuk melakukan filler adalah 17-60 tahun. Anak dengan usia di bawah 17 tahun biasanya masih memiliki kulit yang sensitif dengan bahan-bahan yang ada di dalam produk kecantikan. Itu sebabnya, lebih baik pilih perawatan yang sesuai dengan kebutuhan wajah dan usia.

Baca Juga:

Deretan 4 Kekasih Lucinta Luna, Pria Nomer 3 Pernah Seranjang

Permen Karet Bekas Kunyahan Alex Ferguson 6 Tahun Lalu Laku Rp7,3 Miliar

Setelah itu, pilihlah filler dengan bahan-bahan yang aman digunakan untuk wajah. Sekarang, sudah muncul filler yang menggunakan bahan 100% alami tanpa ada campuran bahan kimia sama sekali. Filler jenis ini tidak menunjukkan efek yang berlebihan, melainkan membuat wajah terlihat natural-natural saja.

 

“Filler dengan bahan alami menyatu ke dalam kulit dan tidak akan meninggalkan efek-efek yang memunculkan risiko tinggi seperti filler-filler lain. Karena filler alami juga 100% natural, maka filler ini dipastikan non alergi dengan tidak menimbulkan efek-efek seperti iritasi atau pun reaksi alergi pada wajah.”, jelas Dr. Jessy Suryadi, Head Dokter Dermaster saat ditemui pada acara konferensi pers di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Selain memilih filler dengan bahan yang lebih aman digunakan, sekiranya kita harus mengetahui kondisi wajah kita dengan baik. Berkonsultasi lah dengan dokter sebelum memutuskan ingin menggunakan filler di bagian wajah yang mana, karena dokter biasanya yang paling tahu dimana sebaiknya filler disuntikkan ke wajah kita.

Konsultasi ke dokter juga perlu untuk mengetahui apakah kita memiliki alergi terhadap material yang ada di dalam filler tersebut.

Setelah mantap menentukan wajah bagian mana saja yang ingin diberikan filler, Dr. Yenny Muliani, Dokter in House Dermaster juga menambahkan hal-hal apa saja yang menjadi pantangan pada 24 jam pertama setelah penyuntikkan. Ia mengatakan untuk menghindari kontak langsung dengan matahari, agar wajah tetap kering dan tidak berkeringat.

“Pantangan filler jangka panjang tidak ada. Tetapi untuk 24 jam pertama setelah penyuntikkan, mungkin akan muncul lebam sedikit di bagian wajah yang diberikan filler. Oleh karena ada munculnya lebam itu, maka sebaiknya menghindari panas-panasan.” tutupnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini