nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keutamaan Melaksanakan Puasa Ayyamul Bidh di Pertengahan Bulan Hijriah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 21:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 21 612 2033279 keutamaan-melaksanakan-puasa-ayyamul-bidh-di-pertengahan-bulan-hijriah-0UOdKMHILF.jpg Ilustrasi (Foto: Physiologic)

Umat Muslim disunnahkan untuk melaksanakan ibadah puasa tiga kali dalam sebulan. Selain itu, ada juga puasa yang lebih diutamakan yakni, puasa ayyamul bidh.

Ayyamul Bidh adalah istilah yang berasal dari bahasa Arab yang artinya, “Hari-hari Putih, hari yang cemerlang atau hari purnama”. Perlu Anda ketahui bahwa di dalam kalender islam Hijriyah terdapat masa-masa dimana rembulan dalam keadaan bersinar terang (purnama) yaitu, pada pertengahan bulan Hijriah atau tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulannya.

Menurut penuturan Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin, berpuasa di 3 hari ini hukumnya sunnah.

 Baca Juga: Puasa Ayyamul Bidh di Pertengahan Bulan Hijriah Ada Manfaat Kesehatannya Loh

“Hukumnya Sunnah, dan Allah yang akan memberikan pahalanya sendiri tanpa perantara malaikat bagi orang-orang yang senang melaksanakannya,” ujar Ustadz Fauzan Amin, saat dihubungi Okezone via pesan singkat, Kamis (21/3/2019).

Dari Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda:

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

“Hai Abu Dzar, Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR Tirmidzi dan an Nasai)

Adapun keutamaan berpuasa di yaumul bidh adalah pahalanya seperti berpuasa sepanjang tahun. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari (hadits sahih) yaitu: Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah saw bersabda:

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari)

 Baca Juga: 12 Aroma Parfum yang Cocok untuk Tiap Zodiak

Dalam hadits lain, yaitu dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

“Kekasihku (yaitu Rasulullah saw) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati:

1. Berpuasa tiga hari setiap bulannya.

2. Mengerjakan shalat Dhuha.

3. Mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1178).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini