nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Unik Azan, Dikumandangkan di Kuburan hingga untuk Usir Setan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 22 Maret 2019 19:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 22 196 2033702 5-fakta-unik-azan-dikumandangkan-di-kuburan-hingga-untuk-usir-setan-WOORrZJOEj.jpg Ilustrasi Salat. (Foto: Okezone)

Azan biasanya identik dengan pertanda panggilan salat bagi umat Islam. Tapi ternyata azan juga dikumandangkan dalam momen-momen tertentu.

Misalnya, hari ini Jumat (22/3/2019), pasca-penembakan di masjid Selandia Baru, azan dikumandangkan di radio dan televisi sebelum salat Jumat. Pasti ini jadi salah satu fakta menarik bagi umat Muslim di sana.

Berdasarkan penjelasan Ustadz Fauzan Amin, umat Islam biasanya mengumandangkan azan dalam waktu tertentu. Okezone mengulasnya lebih lanjut berikut ini dan simak sejenak yuk!

Baca Juga: Viral Bohong Lagi ASMR Samyang, Hebat Gadis Cilik Ini Berani Minta Maaf

1. Sebagai panggilan salat

Firman Allah:

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Al Jumu'ah ayat 9)

“Apabila kamu menyeru (mereka) untuk (mengerjakan) sembahyang, mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan. Demikian itu adalah karena mereka benar-benar kaum yang tidak mau mempergunakan akal.” (Al-Maidah ayat 58).

2. Anak baru lahir

Setiap orangtua selalu tidak lupa mengazani buah hatinya yang baru lahir ke dunia. Azan dikumandangkan di telinga dengan makna khusus.

Dari Abi Rofi’ berkata dia, “Aku pernah melihat Nabi melakukan adzan pada telinga Al Hasan dan Al Husain Radhiyallahu ‘Anhuma.” (HR Thabrani).

3. Mengusir makhluk astral

Riwayat Umar RA: dikeluarkan Ibnu Abi Syaibah Rahimahullahu dan disahihkan sanadnya oleh Al-Hafizh Rahimahullahu dalam Fathul Bari (6/414):

“Sesungguhnya Ghilan disebut di sisi ‘Umar, maka ia berkata: “Sungguh seseorang tidak mampu untuk berubah dari bentuknya yang telah Allah ciptakan. Akan tetapi mereka (para setan) memiliki tukang sihir seperti tukang sihir kalian. Maka bila kalian melihat setan itu, kumandangkanlah azan.”

Ghilan atau Ghul adalah setan yang biasa menyesatkan musafir yang sedang berjalan di gurun (hutan/jalan).

Baca Juga: Kenakan Kebaya Abu-Abu, Siti Badriah Tampil Cantik saat Dilamar

4. Saat ada bencana

Ketika manusia mengalami bencana seperti angin puttng beliung, ombak besar, dan hal mencekam lainnya, azan juga biasa dikumandangkan. Pada intinya fungsinya dapat memohon perlindungan kepada Allah SWT.

5. Untuk mayat sebelum masuk liang lahat

Sebelum mengubur mayat, suara azan kerap dikumandangkan karena berkaitan dengan terjadi khilafiyah. Namun sebagian umat Muslim menyebut hal itu sunah. Tapi sayang tidak ada dalil yang sahih.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini