nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Perbedaan Dasar eSport Player dengan Gamer, Kamu Masuk Kategori Mana?

Nur Anisa Putri, Jurnalis · Sabtu 23 Maret 2019 00:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 22 612 2033794 5-perbedaan-dasar-esport-player-dengan-gamer-kamu-masuk-kategori-mana-jzVrU4Hfq9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PARA pecinta games pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah eSports, karena banyak pertandingan dengan hadiah yang lumayan menanti para pemenangnya. Tapi, bagi mereka yang tidak dekat dengan dunia game, pasti akan kesulitan untuk menemukan perbedaan antara eSports dan game biasa.

Nah, sebelum kita mengetahui apa perbedaan dari dua hal tersebut, kita perlu mengetahui apa itu sebenarnya eSports dan game biasa. Olahraga elektronik atau eSports memang terlahir dari dunia gaming, dan eSport biasanya berwujud dalam bentuk kompetisi yang diadakan untuk video game online multiplayer.

Biasanya, game yang bergenre tim seperti DOTA 2 dan League Of Legends, atau elemen strategi berbasis pemain tunggal seperti Hearthstone dan Starcraft 2 yang menggunakan taktik, masuk dalam kategori eSport. Sementara untuk gamer sendiri, pada intinya merujuk pada seorang pemain video game.

Baca Juga: Viral Bohong Lagi ASMR Samyang, Hebat Gadis Cilik Ini Berani Minta Maaf

Memang, eSport player dan gamer biasa sangat mirip, namun keduanya tetap memiliki perbedaan yang cukup besar. Okezone pun merangkum beberapa sumber, untuk mencari 5 perbedaan dari eSport player dan gamer.

1. Profesi dan hiburan

Saat ini eSport sudah menjadi profesi bagi para pecinta game, bahkan turnamen dengan hadiah miliaran Rupiah banyak diselenggarakan. Dengan kata lain, eSport player bertanding untuk menang dalam sebuah kompetisi.

Sedangkan gamer, bermain game hanya untuk hiburan semata, tidak dilakukan untuk tujuan profesional. Biasanya para gamer akan memilih bermain game sebagai penghilang stres dan kejenuhan.

2. Latihan dan olahraga

Sebagai seorang atlet, eSport plyaer memang memiliki latihan secara profesional yang rutin untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, demi memiliki performa yang baik saat turnamen berlangsung. Konsentrasi yang baik menjadi salah satu hal yang penting yang harus dimiliki para atlet eSports.

Sementara untuk gamer, mereka tidak memiliki latihan khusus, karena mereka hanya bermain game untuk kesenangan, bukan untuk pekerjaan.

Baca Juga: Deretan 4 Kekasih Lucinta Luna, Pria Nomor 2 Pernah Seranjang

3. Punya seragam

Perbedaan lainnya adalah, seragam yang kerap dipakai para atlet eSport, karena termasuk olahraga yang resmi. Atlet eSport diharuskan untuk memakai seragam khusus saat bertanding di sebuah kejuaraan sebagai identitas mereka.

Tapi kalau untuk gamers, mereka tidak perlu memakai seragam khusus, karena tidak ada yang mereka wakili. Toh, mereka hanya bermain untuk melepas stres.

4. Punya tim

Bermain secara tim atau multiplayer menjadi salah satu ciri khas dari eSport. Karenanya, memakai seragam menjadi sangat penting sebagai identitas, agar bisa mengenali mana lawan dan mana teman. Kalau gamer, mereka bisa bermain dengan siapa pun yang mereka mau ataupun main sendirian.

5. Memiliki jadwal

Para pemain eSport biasanya memiliki jadwal yang teratur agar bisa selalu menjalankan kegiatan dengan teratur, jadwalnya itu seperti jadwal sekolah, belajar, olahraga, dan latihan.

Sementara untuk gamer, mereka hanya bermain game di waktu senggang sebagai hiburan. Mereka tidak memiliki atau mengikuti aturan khusus dalam bermain game.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini