nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maria Rahajeng : Sudah Saatnya Milenial Ikut Promosikan Wastra Nusantara

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 23 Maret 2019 19:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 23 194 2034064 maria-rahajeng-sudah-saatnya-milenial-ikut-promosikan-wastra-nusantara-IcsnLP0FfI.jpeg Maria Rahajeng harap milenials promosikan Wastra Nusantara (Foto: Dimas/Okezone)

Wastra Nusantara tidak lagi dianggap sebagai busana yang kuno atau ketinggalan zaman. Hal ini tidak terlepas dari peran desainer muda Indonesia yang semakin gencar menggunakan kain-kain tradisional dalam setiap koleksi mereka.

Di tangan mereka, kain tradisional Indonesia berhasil disulap menjadi karya seni bernilai tinggi dan menarik dipandang mata. Bahkan, belakangan generasi milenial sudah mulai tertarik untuk ikut mengenakan kain-kain tradisional Indonesia.

Saat ditemui Okezone dalam peragaan busana “Behind The Seams” by Batik Kultur, Sabtu (23/3/2019), Miss Indonesia 2014 Maria Rahajeng sempat mengutarakan pandangannya mengenai perkembangan wastra Nusantara.

Menurut Maria, sebenarnya perkembangan wastra Indonsia sudah berada di jalur yang tepat. Sekarang tinggal menunggu peran pemerintah dan masyarakat untuk turut mempromosikannya.

Maria Rahajeng

“We are in good direction. Tapi aku harap, akan ada banyak lagi event-event yang menonjolkan keunikan wastra Nusantara. Misalnya dengan mengadakan annual event seperti Batik Fashion Week selama satu minggu penuh,” ujar Maria Rahajeng.

“Melalui event ini, kita beri kesempatan untuk para desainer atau brand-brand yang mengedepankan koleksi-koleksi berbahan kain tradisional. Lalu kita undang influencer dan masyarakat umum agar mereka lebih tertarik dan sadar akan keunikan wastra kita,” timpalnya.

Sebagai salah satu influencer fesyen Tanah Air, Maria menjelaskan bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk ikut mempromosikan wastra Nusantara.

Salah satunya dengan rutin mengenakan kain tradisional sesuai dengan selera masing-masing. Tidak harus mengenakan baju batik atau kebaya setiap hari, bisa diakali dengan memadupadankan busana ready to wear dengan aksesoris berbahan kain tradisional.

“Sudah saatnya milenial mempromosikan wastra Nusantata. Cara paling sederhana ya mulai mengenakan kain tradisional. Tidak harus pakai baju atau kebaya, bisa mix n match pakai aksesoris yang berbahan kain tradisional seperti batik. Kalau aku sendiri suka bawa aksesoris bernuansa batik saat traveling. Misalnya anting-anting, clutch, atau scarf,” pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini