nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tempat Wisata Seru dan Unik yang Ada di Tambrauw Papua Barat

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 17:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 25 406 2034678 6-tempat-wisata-seru-dan-unik-yang-ada-di-tambrauw-papua-barat-xNZgIWM3L6.jfif Pulau Dua di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat (Foto: Biro Komblik Kemenpar)

Kabupaten Tambrauw di Papua Barat menyimpan banyak wisata seru dan unik yang patut dikunjungi. Selain wisata sejarah, wisata alamnya juga tak kalah menarik dari kabupaten tetangga, Raja Ampat.

Tahun ini, segera atur cuti Anda dan mulai jelajahi keindahan alam Tambrauw, Papua Barat. Inilah enam wisata yang bisa Anda kunjungi di Tambrauw:

Peninggalan Perang Dunia II

 

Tambrauw memiliki situs wisata sejarah yang wajib dikunjungi karena berbeda dari yang lain, yakni berupa tank-tank peninggalan Perang Dunia II. Sekira 9 tank berada di dalam hutan yang ada di Kampung Es Mambo, Distrik Kwor. Terbagi di dua titik lokasi, tank-tank tersebut berjenis Landing Vehicle Track (LVT) atau kendaraan perang amfibi milik Angkatan Laut Amerika Serikat pimpinan Jendral Douglas MacArthur.

 Baca Juga: Naik MRT, Baim Wong Berasa di Luar Negeri

Air Terjun Anenderat

 

Terletak di Desa Siakwa, Distrik Miyah, Air Terjun Anenderat memberikan sensasi kesejukan yang memuaskan. Bagaimana tidak, dikelilingi hutan lebat, air terjun ini juga memiliki tujuh tingkat yang semakin ke bawah bentuknya semakin melebar. Debit airnya pun cukup deras, sehingga Anda bisa merasakan suasana yang sangat alami, melupakan hingar bingar kota sejenak.

Bukit Sontiri

 

Oleh masyarakat sekitar disebut juga Bukit Teletubbies. Dikelilingi hutan tropis, Bukit Sontiri menawarkan pemandangan hijau sejauh mata memandang. Dari bukit yang amat luas ini, Anda bisa menikmati sore hari yang indah menjelang senja. Sedangkan di pagi hari, Anda bisa melihat ribuan sarang laba-laba yang memenuhi permukaan bukit sehingga memunculkan warna putih. Bukit Sontiri terletak di Distrik Kebar dan Anda bisa menjangkaunya dengan mobil double cabin.

 Baca Juga: Restoran Bawah Laut Paling Keren di Dunia Ini Bikin Takjub!

Air Panas War Aremi

 

Tidak jauh dari Bukit Sontiri, ada pemandian air panas alami bernama War Aremi. Ini merupakan sebuah kolam yang ditopang oleh batu alami dan tampak mengalir seperti sungai. Di bagian tengahnya ada kumpulan batu dengan buih-buih yang muncul di tengahnya. Pengunjung bisa berendam dan relaksasi di kolam ini.

Melihat burung Cenderawasih

 

Melihat hewan di tempat asalnya tentu saja menawarkan sensasi yang tak pernah akan bisa Anda lupakan. Di Tambrauw, Anda bisa melihat burung endemik di dua lokasi, yakni di tengah Hutan Vicirie di Distrik Miyah, dan Hutan Nunggou di Distrik Sausapor. Untuk melihat burung Cenderawasih, Anda harus datang di pagi buta dengan pakaian gelap. Mulai memasuki hutan, Anda akan disambut dengan suara-suara burung Cenderawasih dan burung lainnya yang seolah bersahutan.

Pulau Dua

 

Tambrauw juga memiliki taman laut yang indah, terletak di Pulau Dua. Dengan hamparan pasir putih, pemandangan laut lepas Samudera Pasifik pun bisa dinikmati pengunjung selepas snorkeling. Selain keindahan bawah lautnya, Pulau Dua juga menyimpan sejarah masuknya ajaran Kristen ke wilayah Papua Barat sekria tahun 1912.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini