nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Diabetes, Hobi Minum Soda Tingkatkan Risiko Kanker Usus Besar

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 25 481 2034844 selain-diabetes-hobi-minum-soda-tingkatkan-risiko-kanker-usus-besar-RddwGhcrVG.jpg Minum soda tingkatkan risiko kanker usus besar (Foto: Nypost)

Minuman bersoda seringkali dikaitkan sebagai salah pemicu timbulnya penyakit berbahaya. Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli baru-baru ini berhasil membuktikan bahwa minuman ini memang berkontribusi dalam peningkatan risiko kanker usus besar.

Dalam penelitian tersebut, para ahli menggunakan tikus lab sebagai media uji coba yang ternyata sangat rentan terhadap kanker usua besar. Ketika tikus diberi sirup jagung fruktosa dengaan dosis tinggi selama delapan minggu, atau setara dengan satu kaleng soda yang diminum oleh orang dewasa, ternyata memicu berkembangnya tumor usus besar dalam tubuh tikus itu sendiri.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan tikus yang tidak mengonsumsi sirup jagung sama sekali, ujar Weill Cornell dari New York-Presbyterian.

Meski hasil ini terbilang mengejutkan, para ahli menyebutkan bahwa masih perlu dilakukan lebih banyak lagi penelitian untuk mengetahui apakah benar sirup jagung fruktosa dengan dosis tinggi dapat meningkatkan risiko kanker usus besar pada tubuh manusia.

"Studi ini menemukan bahwa polip kolorektal pada tubuh tikus menunjukkan reaksinya saat tikus diberi sirup jagung fruktosa tinggi. Mekanisme molekuler yang terjadi mendorong pertumbuhan tumor," kata peneliti Dr. Lewis Cantley, seperti dilansir Okezone dari New York Post, Senin (25/3/2019).

minuman soda

Mereka menambahkan, meski penelitian ini dilakukan pada tikus, temuan tersebut dibangun di atas bukti bahwa gula memicu pertumbuhan kanker. Peneliti mengatakan bahwa berdasarkan temuan mereka, orang dengan kanker usus besar atau mereka yang berisiko tinggi harus menghindari minuman manis.

Sementara itu, sejak tahun 1980-an, konsumsi minuman bersoda dan minuman yang mengandung pemanis buatan sudah dikaitkan sebagai salah satu pemicu terjadinya obeistas dan diabetes. Prevalensi kanker usus besar pun meningkat seiring boomingnya kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda ini.

Perlu diketahui, kanker usus besar ternyata juga bisa disebabkan oleh diet tidak sehat, seperti diet yang mengharuskan pelakunya menghindari konsumsi makanan berserat dan berprotein tinggi. Jadi, ada baiknya Anda mencari informasi secara komprehensif sebelum memulai program diet.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini