nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Cuma Bunglon, 9 Hewan Ini Mampu Berkamuflase dan Hasilnya Bikin Takjub!

Wisnu Kurniawan , Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 25 612 2034644 bukan-cuma-bunglon-9-hewan-ini-mampu-berkamuflase-dan-hasilnya-bikin-takjub-ONJhzMRunA.jpg Kumbang unik, hewan yang dapat berkamuflase (Foto: Readers Digest)

KETIKA berbicara soal perubahan warna di dunia hewan, kebanyakan orang pasti hanya mengetahui bunglon yang dapat secara cepat mengubah warna tubuhnya untuk berkamuflase, baik untuk beradaptasi menghindari musuh ataupun memburu mangsanya.

Namun tahukah kamu, ternyata banyak hewan lain yang dapat mengubah warnanya, berikut hewan-hewan yang bisa berubah warna.

1. Kumbang kura-kura emas


Serangga cantik yang berkilau ini secara ilmiah dikenal sebagai Charidotella sexpunctata, dan ahli dalam hal mengubah warna tubuhnya. Kumbang ini mampu mengubah warnanya, karena kejadian atau hal yang terjadi di lingkungannya.

Kejadian itu dikarenakan bertemu dengan pasangannya atau disentuh oleh tangan manusia yang penasaran. Dia Oleh karena itu, disaat mereka bersiap kawin, kumbang kura-kura mengubah  warnanya dari emas menjadi merah cerah. Perubahan warna tersebut karena proses yang disebut ilusi optik.

BACA JUGA : Naik MRT, Baim Wong Berasa di Luar Negeri

2. Ikan sotong

 

Sotong adalah sejenis cumi yang ahli dalam berkamuflase untuk mengelabui predator. Menurut para ilmuwan, ikan sotong dapat melihat sekelilingnya, untuk memutuskan warna apa yang perlu dirubah, sehingga tidak terlihat oleh pemangsa yang lapar seperti lumba-lumba. pigmen kulit ikan sotong mengandung papilla yang menyebabkan kulit menjadi kasar atau halus tergantung pada lingkungannya. Pigmen dari warnanya disebut kromotofor, dia juga mempunyai lempengan berupa cermin reflex yang disebut leucophores dan iridophores. Lempeng tersebut yang memungkinkan sotong untuk berubah warna.

3. Ikan sebelah

 

Dalam Bahasa inggris disebut Peacock flounder. Ikan ini berwarna asli coklat, tetapi dia dapat mengubah warnanya hanya dalam hitungan detik. Ketika dia dihadapkan dengan lingkungan baru, retina pada matanya akan menangkap warna baru. Warna yang dilihat akan dikirim ke permukaan kulitnya dan berganti warna sesuai lingkungan barunya.

4. Kuda laut

 

Ukuran badannya yang kecil, memungkinkan kuda laut harus bisa melindungi dari predator. Dalam hal ini kuda laut mempunyai kemampuan mengubah warna. Dia menyesuaikan warna untuk berburu, berkomunikasi dengan spesiesnya dan untuk menarik pasangannya. Dalam situasi berbahaya, kuda laut dapat berubah warna dalam hitungan detik. Tetapi, perubahan warna bisa lebih lama ketika kuda laut ingin menarik pasangannya.

 BACA JUGA : Bingung Batuk Tak Sembuh-Sembuh? Bisa Jadi Anda Kena Penyakit Ini

5. Katak pohon pasifik

 

Katak kecil ini habitatnya di pantai barat Amerika. Dia sering menghabiskan waktunya di pohon-pohon. Katak kecil ini bisa berubah warna untuk berbaur dengan lingkungan sekitarnya. Perubahan warnanya dapat bervariasi tergantung pada lingkungan, suhu dan musim. Selain itu, untuk menjaga dari pemangsa, seperti rakun, burung predator besar dan ular.

6. Laba-laba kepiting putih

 

Habitatnya di seluruh Amerika Serikat dan Kanada. Laba-laba kepiting betina akan dengan cepat berubah warna dari putih menjadi kuning dan lebih lambat dari kuning menjadi putih. Dia biasa hidup di kelopak bunga dan berburu serbuk sari seperti lebah. Menurut para peneliti di Ball State University di Muncie, Indiana, pejantan jauh lebih kecil dan tidak bisa berubah warna.

7. Rubah Kutub

 

Rubah Kutub Utara hanyalah satu dari sejumlah mamalia memiliki bulu yang bisa berubah warna putih di musim dingin. Dia berubah warna untuk berkamuflase dari pemangsa dan untuk menghangatkan tubuhnya dari suhu dingin. Seperti kelinci sepatu salju, musang berekor pendek.

BACA JUGA : Setelah Jokowi, Kini Putri Denada Dapat Hadiah dari BLACKPINK!

8. Gurita peniru

 

Gurita Peniru dikenal dengan nama latin, Thaumoctopus Mimicus. Dia dapat mengubah warna dan bentuk tubuhnya untuk meniru makhluk yang lain, termasuk lionfish, ubur-ubur, ikan pari dan ular laut. Gurita ini juga termasuk hewan yang pintar untuk menghindari para predator.

 BACA JUGA : Bingung Batuk Tak Sembuh-Sembuh? Bisa Jadi Anda Kena Penyakit Ini

9. Kadal Hijau

 

Tidak ada yang pernah tahu, mengapa kadal ini berubah warna dari hijau menjadi coklat dan kembali lagi menjadi hijau. Saat dia di atas daun hijau, warna kulitnya akan menjadi coklat, dan saat dia di batang pohon, warna kulitnya akan menjadi hijau. Masih banyak yang bingung tentang apa manfaat kadal hijau ini berubah warna yang tidak sesuai lingkungannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini