nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Karya dan Konsep Sering Ditiru, Desainer Wanda Ponika :"Bagus Dong kalau Ditiru"

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2019 22:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 26 194 2035355 karya-dan-konsep-sering-ditiru-desainer-wanda-ponika-bagus-dong-kalau-ditiru-PrBEclKBJN.jpg Desainer Wanda Ponika yang Tak Keberatan jika Karyanya Ditiru (Foto: Instagram)

BERKECIMPUNG di industri kreatif tentu bukan hal mudah, seperti halnya menjadi seorang desainer. Kreativitas & orisinalitas sudah seperti harga mati dalam menciptakan karya desain dan juga berbisnis.

Hal itupun diakui Wanda Ponika, seorang desainer perhiasan. Mengelola workshop yang menghasilkan banyak desain, ia pun mengutamakan 2 poin penting tersebut. Misalnya saja dengan berani menolak mengikuti arus.

“Kalau para jeweler lain sedang beramai ramai mengangkat sebuah tren tertentu, saya justru ogah mengikuti tren itu. Saya harus menciptakan konsep baru”, ujarnya.

 BACA JUGA: Viral Nenek 53 Tahun Photoshoot, Body-nya Masih Seksi dan Nyaris Telanjang

Jika memang mengikuti tren bukan jadi patokan utama, lantas apa yang dilakukan agar lini bisnisnya dapat bertahan dipersaingan industri kreatif yang makin ketat ini? Wanda pun mengakui ia memilih alirannya sendiri, yakni Worth of mouth. Menurut ibu dari 3 anak remaja ini, pengakuan dari para client nya menjadi promosi terbaik. Selama ini banyak yang datang minta di desainkan jewelry oleh saya, karena referensi dari teman atau saudara.

Ketika ditanya masalah desain ataupun konsep bisnisnya yang ditiru oleh jeweler lain, Founder & Creative Director dari Wanda House of Jewels inipun tertawa santai. “Bagus dong, kalau ditiru... berarti apa yang saya lakukan itu dianggap baik sehingga dijadikan benchmark & ditiru,” paparnya.

Ditiru desain dan konsep bisnis saya sudah biasa. Itu menjadikan kita lebih kreatif untuk menciptakan sesuatu yang baru, yang lebih kreatif dan lebih sulit ditiru. Malah saya berterimakasih sama yang niru, karena bikin saya keluar dari comfort zone sekaligus melakukan brain exercise.

Sosok yang juga dikenal sebagai philanthropist ini mengatakan, desain dan konsep bisa ditiru. Tapi personality takkan bisa dicopy. Uang tak bisa membeli style dan selera. Dan publik sudah cerdas untuk menilai mana yang pionir dan mana yang sekadar mengekor.

 BACA JUGA : Project Caffe Jamu Bar Carnival, Upaya Lestarikan Warisan Nenek Moyang

Wanda dikenal netizen dengan berbagai tulisannya melalui akun instagram pribadinya @wandaponika. Tulisannya yang lugas dan renyah banyak menuai tanggapan positif. “ Yang jelas kebanggaan saya adalah karya-perhiasan team kreatif kami, anak bangsa yang bergandeng tangan menciptakan World class masterpiece “.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini