nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peneliti LIPI Bantah Daun Kelor Bisa Lawan Tubuh Kebal Peluru

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2019 16:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 26 481 2035168 peneliti-lipi-bantah-daun-kelor-bisa-lawan-tubuh-kebal-peluru-F69gHqG5w4.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SEBUAH kabar mengejutkan datang dari Magetan, Jawa Timur. Di sana ada seorang penanam daun kelor yang mengklaim kalau tanaman itu bisa melumpuhkan tubuh yang kebal peluru.

Kisahnya diulas beberapa media massa. Dijelaskan di sana, menurut Suwito, banyak polisi yang menggunakan daun kelor untuk melumpuhkan penjahat yang kebal dengan peluru tembakan.

Dia melanjutkan, banyak pelaku kejahatan yang tidak hanya bermodal nekat dan keberanian, tapi mereka juga "mengisi" tubuhnya dengan ilmu-ilmu seperti jimat atau susuk. Nah, dengan daun kelor, polisi bisa menghilangkan ilmu tersebut dan berhasil menangkap mereka.

Tapi, bagaimana ilmu pengetahuan menjelaskan hal ini?

 Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Kurma Muda, Tidak Ada untuk Percepat Kehamilan

Okezone coba mengonfirmasikan hal tersebut ke salah seorang peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Menurut Dr Galuh Widiarti, daun kelor tidak bisa memberikan manfaat seperti yang dijelaskan Suwito.

 

"Daun kelor tidak bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan atau melumpuhkan ilmu kebal peluru," katanya saat diwawancarai Okezone melalui pesan singkat, Selasa (26/3/2019).

Tapi, Galuh menjelaskan kalau daun kelor bisa membawa manfaat untuk kekebalan sistem imun tubuh. Ini berkat kandungan immunomodulator yang ada di dalam daun kelor.

 Baca Juga: 10 Perempuan Tercantik di India, Idola Kamu Masuk Gak?

"Zat ini yang mempengaruhi sistem imun tubuh, yaitu meningkatkan imun tubuh atau immunostimulan," terangnya.

Bahkan, Galuh menambahkan kalau daun kelor ternyata baik juga untuk anti-aging. Jadi tidak benar jika Anda mempercayai kalau daun kelor bisa menghilangkan atau melumpuhkan ilmu kebal seseorang. Ilmu pengetahuan lebih percaya kalau daun kelor itu baik untuk sistem imun tubuh untuk memberi pertahanan pada bakteri dan virus.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini