Share

Menyulam Bisa Jadi Hobi Baru untuk Tenangkan Pikiran

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2019 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 26 612 2035236 menyulam-bisa-jadi-hobi-baru-untuk-tenangkan-pikiran-5JkjYArwHI.jpeg Seorang perempuan mencoba menyulam (Foto: Sukardi/Okezone)

RUTINITAS yang padat dan masalah yang tak pernah usai membuat Anda stres dan akhirnya menggangu pada pekerjaan. Kalau sudah begini, tentunya Anda membutuhkan sesuatu yang menyenangkan tapi juga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Banyak pilihan yang bisa dipilih. Misalnya saja melukis, menulis diary, atau masak. Tapi, jika hobi tersebut bukan sesuatu yang dekat dengan diri Anda, mungkin menyulam bisa jadi alternatif pilihan yang menarik. Seperti yang dijelaskan Embroidery Expert Dety Iskandar, menurutnya, kegiatan ini bisa menjadi salah satu sarana untuk Anda melakukan me time yang berkualitas.

"Pekerjaan di kantor yang banyak atau juga urusan rumah yang nggak ada ujungnya kan kadang membuat ibu susah untuk dapat me time, nah, dengan menyulam, itu lah waktu yang tepat buat Anda me time," katanya pada Okezone saat ditemui di kawasan Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019).

 

Dety melanjutkan, me time dengan menyulam itu banyak manfaatnya. Pertama adalah meningkatkan konsentrasi dan ini tentunya baik untuk otak Anda. Selain itu, manfaat lain yang bisa dirasakan adalah Anda bisa mengontrol kesabaran dan ketenangan diri.

 Baca Juga: Viral Nenek 53 Tahun Photoshoot, Body-nya Masih Seksi dan Nyaris Telanjang

"Dengan menyulam, Anda tentunya akan menekan rasa ingin cepat selesai dan diminta untuk tidak terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu dan ini tentunya sangat baik bagi siapa pun," tambah perempuan yang juga aktif di Komunitas Ngebenang itu.

 

Sementara itu, bagi pemula yang ingin mencoba menyulam, Dety punya beberapa saran yang dapat Anda coba sendiri.

1. Menyulam dalam suasana tenang

Ini penting sekali agar otak dan tubuh Anda bisa sinkron dan dapat menyelesaikan sulaman dengan benar. "Kalau saya sendiri, saat menyulam di suasana yang berisik atau 'riweuh', ya, tentu hasilnya tidak akan bagus," katanya.

 

2. Fokus dan konsentrasi

Ini juga menjadi penting saat Anda menyulam. Sebab, kalau Anda tidak fokus saat menyulam, tidak hanya memengaruhi hasil hasil, tapi bisa saja ada kejadian yang tak diinginkan, misalnya ketusuk jarum. Tidak ingin kan hal ini terjadi?

 Baca Juga: Berkenalan dengan Silvia Halim, Perempuan Cantik di Balik Suksesnya MRT Jakarta

3. Menyulam dengan suasana hati bahagia

Mungkin ini terdengar sepele, tapi jangan pernah melupakan poin yang satu ini. Kalau hati Anda sudah tidak senang mengerjakannya, tentu hasil akhirnya tidak akan bagus dan Anda menyulamnya hanya membuang waktu dan ingin menuntaskannya secepat mungkin tanpa mempertimbangkan hasil akhir. "Kalau lagi bete kecenderungannya enggak rapih," singkatnya.

4. Sabar

Satu hal yang harus Anda tanamkan sebelum menyulam adalah sabar. Ini juga menentukan hasil akhir dari sulaman Anda. Kalau sudah cepat-cepat mau selesai, bukanya sulaman bagus yang Anda lihat, tapi bisa saja sulaman yang kacau balau. Jangan pernah lakukan ini!

 

5. Pilih media yang tebal

Mungkin ini terdengar ganjil. Tapi, dengan media yang tebal, meminimalisir kebolongan dan cepat kusutnya media. Pada beberapa orang pemula, saat mereka menyulam, tarikan dan penempatan jarum yang tidak tepat akan membuat media jadi tak seindah yang diharapkan.

"Saya sih saraninnya buat yang pemula itu medianya kain kanvas, blacu tebal, atau katun. Bahan-bahan ini sulit bolong atau kusut dan tentunya memudahkan pemula untuk menyulam," terang Dety.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini