nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IFW 2019, Berkenalan dengan Diksi Hera Perawat yang Buat Gamis Songket Wearable

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 27 Maret 2019 22:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 27 194 2035772 ifw-2019-berkenalan-dengan-diksi-hera-perawat-yang-buat-gamis-songket-wearable-mqg6xwLuDz.jpg Gamis Songket. (Foto: Okezone)

BAKAT seni memang selalu harus diasah, meskipun Anda tidak bekerja dalam bidang seni tersebut tapi tidak ada salahnya untuk mencoba mengembangkan daya kreatif Anda. Siapa tahu, bakat seni yang Anda miliki bisa menghasilkan pundi-pundi uang tambahan.

Seperti Diksi Hera Berliana, perempuan yang berprofesi sebagai tenaga perawat, mampu mendesain baju muslim stylish nan syar'i yang digemari para hijaber.

Sejak tahun 2004, Diksi bekerja sebagai perawat yang biasa menolong pasien sakit di RSUD Balaraja. Tapi tiga tahun belakangan, dia ingin mengembangkan idenya di dunia fesyen.

Perempuan asal Sumatera Barat itu bahkan mengangkat warisan budaya Minang berupa kain songket. Diksi berkreasi membuat gamis syar'i dengan potongan kain songket yang etnik.

Baca Juga: Pamer Baby Bump, Aura Kasih Tampil Seksi Pakai Dress Ketat

Ditemui setelan perhelatan fesyen show di panggung Indonesia Fashion Week 2019, Diksi menceritakan banyak hal tentang pengalaman dan bakatnya yang terpendam.

"Saya buat satu karya tema dengan mengangkat kain songket. Biasanya kain itu sering dibuat baju kurung, tapi saya kreasikan menjadi gamis," ucap Diksi kepada wartawan di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Dalam panggung IFW 2019 bertema Culture Value, Diksi lewat mereka Gallery Namia menampilkan 9 look busana muslim. Warna-warna yang diangkat adalah merah, hitam dan emas.

Diksi mengaplikasikan potongan kain songket itu dengan bermacam-macam kain, seperti kain embos. Dalam pembuatan busana syar'i wearable tersebut, Diksi butuh ketelitian yang besar. Karena setiap kain potongan songket harus diperhatikan lebih agar ciri khasnya tidak hilang.

Baca Juga: Viral Nenek 53 Tahun Photoshoot, Body-nya Masih Seksi dan Nyaris Telanjang

Istimewanya Diksi menampilkan gamis dengan look berbeda dalam perhelatan fesyen show terbesar di Indonesia ini untuk yang pertama kalinya. Dia sungguh tak menyangka ikut bergabung bersama desainer lainnya yang sudah terkenal.

"Di setiap desain baju ini punya nilai lebih yang bisa menghasilkan karya indah. Modelnya sangat simpel dan nyaman dipakai. Ini pertama kali fesyen show dan tampilnya di IFW, enggak nyangka," tuturnya.

Menurut Diksi, gamis songket ini sangat cocok dipakai untuk acara formal. Apalagi nanti untuk busana Lebaran sangat pas dipakai kaum hawa yang berhijab.

Target ke depan, sebut Diksi, dirinya pun ingin menampilkan busana khasnya dalam ajang fesyen show bertaraf internasional. Dia pun akan terus menekuni dunia fesyen yang menjadi bakat terpendamnya.

"Target ke depan kalau dikasih kesempatan ke internasional ya ingin saja. Saya akan cari lagi kekhasan Indonesia, khususnya di Tanah Minang. Asal keluarga support pasti saya semangat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini