nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lupakan Foie Gras, Sensasi Makan Hati Ayam Dimasak dengan Wine, Mewah!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 27 Maret 2019 16:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 27 298 2035665 lupakan-foie-gras-sensasi-makan-hati-ayam-dimasak-dengan-wine-mewah-gUKOmVaTO2.jpg Hati ayam masak wine (Foto:Sukardi/Okezone)

JIKA Anda tidak tega menyantap foie gras atau hati angsa seperti yang disantap Princes Syahrini ketika liburan di Swiss, hati ayam bisa juga loh jadi santapan mewah. Kok Bisa?

Ini tergantung bagaimana jeroan ayam ini Anda olah. Apakah Anda termasuk pencinta wine? Pernah mencoba sensasi baru mengonsumsi wine seperti dimasak dengan pangan yang tak biasa?

Okezone coba menawarkan kepada Anda salah satu menu yang bisa dijajal di rumah. Adalah Chicken Liver Pate. Makanan ini selain mudah dibuat juga punya manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, khususnya kecukupan darah.

Kita tahu bersama kalau ati ayam mengandung zat besi yang cukup banyak dan makanan ini direkomendasikan untuk mereka yang memiliki masalah anemia atau kekurangan darah. Biasanya, para perempuan yang banyak mengalami penyakit ini.

 

Nah, bagaimana membuat makanan yang satu ini? Oh iya, karena ada penambahan wine di dalam makanan ini, tentu bagi Anda yang tidak mengonsumsinya, dapat menghilangkan wine dari menu makanan, ya. Terkait dengan rasa, Soys Chef Hotel Royal Tulip Bogor Bayu Prasetyo menjamin tidak akan ada perbedaan rasa antara pakai dan tidak pakai wine di menu makanan ini.

"Wine di sini fungsinya lebih ke mengurangi aroma amis yang dikeluarkan ati ayam. Beberapa juga menggunakan wine untuk memberikan rasa yang berbeda dari ati ayam. Kalau wine-nya dihilangkan, tidak apa-apa. Wine hanya optional," terangnya pada Okezone, belum lama ini.

Baca Juga:

Viral Penjual Bakmi Cantik di Pluit yang Bikin Gagal Fokus

Viral Restoran Padang Berkonsep All You Can Eat, Netizen: Pulang-Pulang Kolesterol

So, bagaimana menu makanan ini dan cara membuatnya?

Bahan-bahan yang diperlukan

1. 1 sendok olive oil

2. 2 siung bawang merah, iris tipis

3. 3 tangkai thyme, daunnya saja

4. 1 siung bawang putih, cacah

5. sejumput pala parut

6. 1/2 sendok makan ground allspice

7. 1 buah jeruk, kulitnya saja

8. garam dan sejumput lada hitam

9. 400 gram ati ayam trimme, hancurkan

10. 100 ml double cream

11. 120 gram unsalted butter

Untuk finishing

1. 80 gram unsalted butter

2. kulit jeruk yang diparut

3. 2 tangkai thyme, daunnya saja

Cara membuatnya

1. Panaskan minyak zaitu di atas panci dengan tingkat kepanasan medium. Tambahkan bawang merah dan daun thyme lalu masak selama 5 menit hingga aroma keluar. Setelah itu tambahkan bawang putih, bubuk allspice, dan parutan kulit jeruk. Kemudian, tambahkan sejumput garam dan lada, lalu masak selama 2 menit.

2. Masukkan ati ayam ke dalam panci yang sudah berbumbu dan masak selama 6-8 menit. Untuk memastikan ati ayam matang, Anda bisa mengeceknya dengan membelah dan melihat teksturnya. Kalau sudah lembut, maka sudah matang. Aduk semuanya hingga menyatu dan angka jika sudah matang.

3. Lalu, tambahkan cream dan aduk semua bahan dan panaskan kembali selama 2 menit. Jika sudah, masukkan semua bahan ke dalam mesin pencacah hingga lembut.

4. Jika sudah, maka siapkan roti gandum yang sudah dipanaskan bagian atasnya supaya tekstur crunchy. Setelah itu, sajikan pure ati ayam di atasnya dan hias sesuai kesukaan Anda.

5. Makanan siap dihidangkan selagi hangat.

 

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini