nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peran UMKM Kembangkan Destinasi Wisata Labuan Bajo

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 27 Maret 2019 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 27 406 2035609 peran-umkm-kembangkan-destinasi-wisata-labuan-bajo-5II9Zf3PHW.JPG Peran UMKM kembangkan destinasi wisata Labuan Bajo (Foto: Tiara/Okezone)

Pertumbuhan pariwisata di Indonesia yang sangat pesat membuat sektor tersebut menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar. Tahun ini pemerintah memproyeksikan nilai devisa dari sektor pariwisata mencapai USD 17,6 miliar. Pemasukan devisa tersebut diperoleh dari tiket penerbangan, hotel, restoran, hingga produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Berbicara tentang produk UMKM, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata terus fokus untuk mengembangkan UMKM terutama di destinasi wisata prioritas seperti Labuan Bajo. Kemarin, Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung memberikan bantuan kredit usaha rakyat (KUR) kepada para pelaku UMKM sektor pariwisata. Mulai dari yang memiliki usaha penginapan, kuliner, atraksi, hingga oleh-oleh.

Menpar Arief mengatakan, pengembangan UMKM yang dirintis oleh masyarakat dapat memperlancar pengembangan destinasi pariwisata. Terlebih jumlah pekerja di sektor pariwisata yang jumlahnya mencapai 13 juta sekira 9 juta di antaranya adalah pelaku UMKM.

“Sering saya katakan kalau membangun destinasi utamakan masyarakatnya dulu. Kalau masyarakat sudah siap, alamnya sudah siap, maka jangan khawatir kesejahteraan akan terjamin. Beruntung Labuan Bajo, Flores masuk dalam super prioritas maka mudah untuk mendapatkan segala sesuatunya termasuk pengembangan UMKM,” tutur Menpar Arief ditemui Okezone dalam acara ‘Penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Sektor Pariwisata’ di Hotel Ayana, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

ukm

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat Agustinus C. Dula mengatakan keberadaan UMKM merupakan gayung bersambut dari kemajuan pariwisata. Oleh karenanya, dia terus menumbuhkan kesadaran masyarakat jika mereka memiliki peluang lebih cepat mendapatkan uang kalau pariwisata berkembang sehingga terus membangun UMKM.

“Saya merasa sekali dengan pariwisata maju di Manggarai Barat maka UMKM akan maju juga dan itu pasti meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terlebih dengan bantuan KUR kepada UMKM. Di sini UMKM banyak sekali, macam-macam. Tapi yang paling nampak sekali itu sebenarnya kuliner sehingga saya memang sangat memberi peluang kepada masyarakat yang memiliki minat kuliner,” ujar Agustinus ditemui dalam acara yang sama.

Dirinya mengatakan salah satu usaha yang dilakukan adalah menyiapkan lahan untuk disewa dan dipakai guna mengembangkan usaha kuliner. Namun tentunya tetap memperhatikan bidang usaha lain. Untuk itu, akan dilakukan pengendalian seperti menjalankan aturan pendapatan asli daerah (PAD).

“Aturan PAD itu merupakan bagian dari cara kami untuk mendisiplinkan persaingan di antara pelaku UMKM. Hingga saat ini UMKM memang masih tidak terlalu signifikan dalam pendapatan daerah tapi mungkin itu ada masalah dengan pemungutannya. Tapi kalau nanti kami melakukan sistem online saya yakin UMKM akan mendongkrak PAD,” pungkas Agustinus.

...

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini