nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Manfaat Liburan ke Pantai untuk Kesehatan Otak, Paling Cocok Lepas Stres

Nur Anisa Putri, Jurnalis · Kamis 28 Maret 2019 13:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 28 481 2036038 sederet-manfaat-liburan-ke-pantai-untuk-kesehatan-otak-paling-cocok-lepas-stres-8N0h2ISVTz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENELITIAN terbaru membuktikan bahwa lingkungan di pantai dapat memiliki dampak mendalam pada otak dan kesehatan mental Anda. Jadi, pergi ke pantai akan membuat Anda lebih rileks dan melepas stres.

Meskipun sudah ada beberapa orang yang menyadari betapa pentingnya kesehatan otak, namun kebanyakan dari kita masih belum berupaya untuk merawat otak seperti halnya tubuh kita.

Kesalahpahaman bahwa kesehatan fisik lebih penting daripada kesehatan mental tentunya akan berdampak buruk untuk Anda. Karena pada kenyataannya, Anda membutuhkan keseimbangan dari kesehatan mental dan kesehatan fisik.

Melansir Inc, sejumlah penelitian telah melaporkan berbagai alasan mengapa pantai bisa menjadi tujuan utama bagi Anda untuk melepas lelah dan menjaga pikiran.

Baca Juga: 10 Alasan Telur Balut Jadi Makanan Populer di Asia Tenggara

Suara benturan ombak

Cobalah melakukan salah satu trik yang pernah dilakukan oleh bintang Steph Curry, yaitu terapi apung. Suara gelombang dapat membantu Anda mencapai kondisi meditasi, yang terbukti menyembuhkan dan memperkuat otak Anda.

Laut biru

Penelitian telah menunjukkan bahwa berbagai macam warna sering menghasilkan efek psikologis, emosional, dan fisik yang berbeda. Warna biru, misalnya, sering digunakan untuk memberikan rasa tenang. Global Healing Center menyarankan untuk memilih warna biru sebagai cara untuk mengurangi stres.

Richard Shuster, PsyD, psikolog klinis, setuju bahwa biru memiliki efek menenangkan yang mendalam pada orang-orang. Menatap lautan biru sebenarnya dapat mengubah frekuensi gelombang otak kita dan menempatkan kita ke dalam kondisi meditasi ringan.

Baca Juga: 5 Penampilan Korean Style ala Ranty Maria, Cantik Menggemaskan!

Hirup udara laut

Ketika Anda pertama kali melangkahkan kaki di atas pasir dan menghirup udara berkabut yang asin, otak Anda secara langsung akan mendapatkan efek positif.

Ion negatif (ion oksigen dengan elektron ekstra yang terpasang, dihasilkan melalui molekul air) di udara laut sebenarnya dapat membantu menenangkan otak Anda. Ion negatif juga terbukti memiliki efek anti-depresi.

Rasakan pasir di antara jari kaki Anda

Berjalan tanpa alas kaki di atas pasir, telah terbukti memiliki sejumlah manfaat yang merangsang tubuh dan pikiran kita. Alasannya adalah karena kaki kita kaya akan jaringan saraf dan titik akupunktur.

Kaki kita mampu menyerap ion bebas di permukaan bumi dengan cara yang hampir sama dengan paru-paru kita yang mampu menyerap ion di udara.

Di tahun 2012, sebuah penelitian University of Exeter menemukan bahwa dengan tinggal di jarak yang dekat dengan pantai bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

Walaupun tidak semua orang bisa tinggal di kota yang dekat pantai, dengan sering ke luar rumah dan pergi ke lingkungan yang menenangkan akan tetap membantu mental Anda tetap sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini