nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ahli Olahraga Tak Sarankan Anda Lari Malam, Alasannya Mengejutkan!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 28 Maret 2019 15:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 28 481 2036081 ahli-olahraga-tak-sarankan-anda-lari-malam-alasannya-mengejutkan-E25s8ab5HM.jpg Ahli olahraga tak sarankan Anda untuk lari malam (Foto: Theconversation)

Masyarakat urban sekarang sudah mulai membiasakan diri dengan menjalankan gaya hidup sehat. Sebut saja dengan diet makanan sehat atau juga olahraha yang sudah dianggap lifestyle.

Olahraga yang biasanya dilakukan kaum urban adalah gym, lari, atau juga olahraga lainnya yang melibatkan sekelompok masyarakat. Lari maraton yang kini banyak diadakan juga dipercaya membuat olahraga ini semakin banyak diminati. Selain itu, lari tengah malam after bekerja juga menjadi pilihan menarik lainnya yang dipilih kaum urban.

Lari malam dianggap menyenangkan selain karena dilakukan bersama dengan teman-teman, juga karena waktunya sudah tidak terikat dengan pekerjaan. Alhasil, olahraga akan dilakukan dengan perasaan lapang dan tidak terbebani oleh kewajiban kantor. Tapi, siapa sangka kalau olahraga ini menyimpan masalah kesehatan.

Lari Malam

Dijelaskan Ahli Olahraga Riana Ree, lari malam-malam setelah pulang kerja itu bukannya menyehatkan malah membuat tubuh tidak fit. Ini berkaitan dengan jam aktif tubuh setiap harinya dan lari malam bisa menggangu alarm tubuh normal tersebut.

"Harus diperhatikan di sini, kalau kamu lari malam-malam, berarti kamu menggunakan waktu istirahat untuk tetap aktif bergerak. Bahkan, tak sedikit yang sampai terlalu letih. Jika ini dilakukan secara rutin, tentu akan mempengaruhi kualitas tubuh kamu," katanya saat diwawancarai Okezone belum lama ini.

Riri yang juga instruktur zumba melanjutkan, secara biologis, tubuh manusia di atas jam 9 malam sudah tidak diperkenankan untuk berolahraga. Di waktu tersebut, organ bagian dalam tubuh sedang melakukan mode tenang atau bisa dikatakan menginstirahatkan dari berbagai kegiatan. Jadi, kalau Anda malah pakai untuk berlari, bisa dikatakan Anda merusak tubuh sendiri.

"Harusnya tubuh istirahat malah tetap aktif. Risiko yang ditimbulkan bisa berupa kelemahan fisik, menggangu fungsi organ dalam, atau juga bisa menjadi gerbang dari datangnya masalah kesehatan yang lebih serius," tambahnya.

Jadi, sangat disarankan untuk tidak lari tengah malam terlebih di atas jam 9 malam. Sebab, itu bukan waktunya Anda berolahraga, tapi waktunya Anda beristirahat!

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini