Pesan Najwa Shihab untuk Perempuan Indonesia yang Ingin Lakukan Perubahan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 28 Maret 2019 21:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 28 612 2036387 pesan-najwa-shihab-untuk-perempuan-indonesia-yang-ingin-lakukan-perubahan-8OYCqIQXZv.jpeg Najwa Shihab saat menjadi pembicara di Impact Talks (Foto: Dimas Andhika/Okezone)

Perjuangan kaum perempuan dalam memperoleh keseteraan hak masih terus berlanjut hingga detik ini. Terutama bagi para perempuan Indonesia yang harus menerima kenyataan bahwa negara kita masih menganut budaya patriarki, di mana laki-laki sebagai pemegang kekuasaan utama dan mendominasi dalam peran kepemimpinan politik, otoritas moral, hingga hak sosial.

Hal ini tidak terlepas dari berbagai kendala yang masih dihadapi oleh sebagian besar kaum perempuan Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Jurnalis sekaligus Presenter TV, Najwa Shihab.

Menurut wanita yang akrab disapa Nana itu, perempuan Indonesia bukannya tidak mampu bersaing dengan kaum pria, terkadang pola pikir mereka sendirilah yang akhirnya membentuk mindset tersebut.

“Berbicara tentang perempuan Indonesia, tantangannya pasti berbeda. Seringkali, tanpa kita sadari, perempuan menganggap rendah dirinya sendiri dan itu dilakukan secara sistematis. Ada banyak contoh kasus dan penelitian yang telah membuktikan,” ungkap Najwa Shihab, dalam acara Impact Talks yang digelar oleh Amartha, di bilangan Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2019).

perempuan Indonesia bukannya tidak mampu bersaing dengan kaum pria

 Baca Juga: Sehari di Labuan Bajo, Kunjungi 5 Tempat Ini

Seperti sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli kepada sejumlah mahasiswi di suatu universitas. Pada penelitian tersebut, beberapa mahasiswi perempuan diminta untuk memprediksi nilai IPK mereka.

Sebagian besar di antara mereka menebaknya dengan angka yang cenderung rendah. Padahal, hasil yang keluar jauh lebih tinggi dari hasil prediksi mereka. Sebaliknya, para mahasiswa pria justru lebih percaya diri dalam menebak nilai IPKnya.

“Tidak hanya soal nilai. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa hanya sekitar 7% pelamar perempuan yang berani melakukan nego gaji pertama. Sementara kaum pria hampir 53% yang melakukan hal tersebut. Hal ini menandakan ada masalah kerenggangan yang tidak disadari,” tutur Najwa.

 hanya sekitar 7% pelamar perempuan yang berani melakukan nego gaji pertama.

Untuk mengubah pola pikir tersebut, Najwa pun sempat membagikan sejumlah tips agar perempuan Indonesia lebih percaya diri, dan berani melakukan perubahan.

 Baca Juga: Kisah Andhika, Pedagang Tuna Rungu Berparas Tampan yang Bikin Netizen Gagal Fokus

“Tidak usah kebanyakan mikir. Langsung lakukan. Kalau belum coba sudah banyak pertimbangan malah nantinya tidak akan jadi. Saya juga percaya, mimpi yang diucapkan terus menerus akan terwujud, karena di sekitar kita banyak malaikat yang mendengarkan,” jelasnya.

Selain itu, Nana juga menghimbau agar perempuan Indonesia mulai melatih untuk merubah mindset tentang diri sendiri terlebih dahulu. Dengan demikian akan memicu seseorang untuk mulai berani mengamil risiko.

“Mengubah mindset adalah keterampilan atau skill hidup yang perlu dilatih, sehingga kita tidak takut untuk mencoba hal-hal baru. Ini berkaitan erat dengan persistensi untuk mengejar sesuatu. Bisa dimulai dari hal sekecil apapun. Jadi memang harus dilatih,” tukasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini