Mengenal Jazell Barbie, Transgender Berkulit Hitam Pertama Juara Miss Internasional 2019

Amanda Rahmadianti Syafira, Jurnalis · Jum'at 29 Maret 2019 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 29 194 2036680 mengenal-jazell-barbie-transgender-berkulit-hitam-pertama-juara-miss-internasional-2019-pqcE4f3THK.jpg Jazell Barbie pemenang Miss International 2019 (Foto:Teenvogue)

JAZELL Barbie Royale baru-baru ini dinobatkan sebagai Ratu Miss International 2019, yaitu kontes kecantikan untuk wanita transgender dari seluruh dunia yang berbasis di Thailand. Ini menandakan pertama kalinya seorang wanita kulit hitam dinobatkan menjadi juara satu dalam 15 tahun kontes diselenggarakan.

Jazell berkompetisi melawan 19 kontestan lain. Selain membawa pulang hadiah utama, dia menjadi pemenang dalam sesi “Bakat Terbaik”. Jazell mengatakan dia ingin menggunakan platform baru yang ditemukannya untuk mendidik orang lain tentang pentingnya tes HIV, seks yang aman, dan melakukan perawatan medis.

Seperti dilansir dari Teenvogue, Jumat (29/3/2019), dalam wawancara baru-baru ini dengan Travel News Asia, dia berkata, “Saya ingin dapat mewakili seluruh transgender di seluruh dunia agar mendapatkan kesetaraan yang sama. Saya ingin dapat membuat sekutu kami, atau orang-orang yang tidak menyukai kami dapat memahami kondisi yang telah kami pilih. Saya ingin mereka melihat bahwa kita cantik, kita berpendidikan dan juga berbakat. Kita bisa berbaur di masyarakat sama seperti orang lain."

Baca Juga:

5 Potret Kegagahan Reino Barack, Pantas Princes Syahrini Klepek-Klepek

Insiden Gaun Melorot, Yuk Intip Gisel dengan Baju Serba Tipisnya

Dia berbicara tentang kesulitannya saat bersaing dalam kontes, dia mengatakan, “Sulit untuk datang ke sini ke Thailand untuk bersaing dalam kontes ini karena tidak ada orang lain di tahun-tahun lalu yang menang tampak seperti saya. Jadi itu agak sulit, dan kadang-kadang saya selalu ragu, perasaan saya seperti apakah saya membuang-buang waktu? Apakah saya akan diperlakukan sama? Akankah saya dianggap sebagai pemenang? ”Semoga dengan kemenangan saya akan menginspirasi lebih banyak ratu kecantikan kulit hitam di seluruh dunia untuk mengikuti kompetisi di tahun-tahun berikutnya.

Ketika Thailand menjadi tuan rumah kontes Miss Universe tahun lalu, Miss Spain adalah kontestan transgender pertama yang dinobatkan menjadi juara satu. Kontes Ratu Miss International telah dielu-elukan karena menawarkan kesempatan kepada para transgender untuk bergabung dengan kontestan yang lain dari seluruh dunia. Sikap Thailand yang relatif terbuka terhadap isu-isu LGBT merupakan sambutan selamat datang bagi para kontestan yang berasal dari negara-negara yang tidak toleran.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini