nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren, Tas Anjat Dayak Berpadu dengan Aneka Gaya Busana Muslim

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 29 Maret 2019 22:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 29 194 2036854 keren-tas-anjat-dayak-berpadu-dengan-aneka-gaya-busana-muslim-GeIy36VO5D.jpg Karya Rokhmi Fitria di IFW 2019 (Foto: Dewi/Okezone)

Kaum lelaki dari Suku Dayak selalu mengandalkan anjat untuk membawa barang bawaan. Tapi tas tradisional itu bisa dipadu-padakan dengan busana modes kontemporer yang memikat.

Anjat sangat keren dan unik sekali keberadaannya. Bahkan, tas tradisional itu kini jarang ditemui di permukaan bumi Borneo.

Karenanya, para desainer Tanah Air seperti Rokhmi Fitria mencoba memadukan busana modes stylish dengan anjat yang klasik. Saat diperagakan model di panggung Indonesia Fashion Week 2019 sangat memukau.

 

Ditemui wartawan usai fashion show bertema Modes Kontemporer, Rokhmi Fitria mengungkapkan alasan mengangkat anjat, yang dipadukan dengan busana muslim karyanya. Menurutnya, anjat desainnya sangat fashionable tapi sayangnya jarang ditemui.

 Baca Juga: Cantiknya Kylie Jenner Pakai Headpiece Rancangan Rinaldy Yunardi

"Di panggung IFW saya angkat tas anjat dari Kalimantan Timur yang diangkat jadi motif detail baju. Tekniknya memadukan jumputan dan batik tulis, dengan pewarna alami yang ramah lingkungan," ucap Rokhmi di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Apalagi budaya Borneo, tambah Rokhmi, selalu dinilai sangat indah dan jarang terangkat. Karenanya, dia ingin mengedepankan budaya Kalimantan ini dalam membuat karya busana muslim.

 Baca Juga: 9 Koleksi "The Charm of Pearl" Karya Leny Rafael Hiasi Panggung IFW 2019

Dalam fashion show bertajuk Charming Anjat Borneo, Rokhmi terinspirasi dari budaya abad pertengahan ke-20. Kombinasi warnanya terkesan elegan, seperti rich black, golden rose, beige hingga chocolate.

Adapun material yang dipilih adalah kulit sintetis, yang dihadirkan dengan gaya kontemporer. Alhasil, busana-busana yang diperagakan di panggung IFW tersebut sangat eye catching.

"Walau mengangkat budaya tradisional, saya mengikuti tren kekinian. Jadi siapa saja akan mau pakai busana ini dan percaya diri," pungkasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini