nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rambut Rontok Ciri Pria Doyan Main Perempuan, Mitos atau Fakta?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 29 Maret 2019 09:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 29 196 2036487 rambut-rontok-ciri-pria-doyan-main-perempuan-mitos-atau-fakta-UCyrr30ACF.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

Beberapa dari Anda mungkin telah mendengar bahwa seorang pria yang gemar bermain perempuan memilik ciri fisik, yakni rambutnya yang mudah rontok. Meski tidak ada studi yang menyatakan hal tersebut, namun hal ini banyak dipercayai oleh banyak masyarakat.

Menilik dari segi spiritual, Ahli Metafisika, Mbah Mijan menilai tidak ada korelasi antara pria yang gemar bermain perempuan dengan kondisi rambut yang rontok. Saat dihubungi Okezone, Mbah Mijan bahkan menyatakan bahwa kepercayaan ini adalah mitos belaka.

Dalam segi medis, kerontokan rambut disebabkan oleh banyak hal. Menurut para dokter, folikel rambut tertentu memang sengaja diprogram untuk memiliki periode pertumbuhan rambut yang lebih pendek ketimbang lainnya.

Melansir dari WebMD, Jumat (29/3/2019), Okezone akan membahas mengenai beberapa faktor yang menyebabkan rambut manusia menjadi rontok. Berikut ulasannya.

1. Hormon

Pengaruh hormon adalah salah satu hal yang paling besar dalam menyumbang kerontokan rambut pada manusia. Biasanya kadar hormon androgen yang abnormal dalam tubuh menyebabkan seseorang mengalami gejala ini.

2. Gen

Biasanya orangtua, baik ayah maupun ibu yang memiliki riwayat kerontokan rambut, pasti akan menurun kepada anaknya.

rambut rontok

3. Stres, penyakit dan persalinan

Beberapa faktor ini dapat menyebabkan rambut seseorang mengalami kerontokan. Selain itu, kurap yang disebabkan oleh infeksi jamur juga dapat menyebabkan rambut seseorang menjadi rontok.

4. Obat-obatan

Beberapa obat seperti obat kemoterapi yang digunakan dalam pengobatan kanker, pengencer darah, penghambat bera-adrenegik yang digunakan untuk mengontrol tekanan darah, dan pil Kb dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara.

5. Luka bakar, cedera dan sinar-X

Tindakkan ini dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara. Pertumbuhan rambut normal biasanya kembali setelah luka sembuh kecuali ada bekas luka yang dihasilkan, maka rambut tidak akan pernah tumbuh kembali.

6. Penyakit autoimun

Alopecia Areata adalah sistem kekebalan yang meningkat karena alasan yang tidak diketahui dan mempengaruhi folikel rambut. Pada kebanyakan orang dengan alopecia areata , rambut akan tumbuh kembali meski teksturnya mungkin sangat halus dan warna yang lebih terang.

7. Prosedur kosmetik

Terlalu sering keramas, bleaching dan mewarnai rambut dapat berkontribusi pada penipisan rambut secara keseluruhan dengan membuat rambut lemah dan rapuh. Mengepang ketatm menggunakan rol atau pengeriting panas juga dapat membuat rambut cepat rusak.

8. Kondisi medis

Penyakit tiroid, lupus, diabetes, anemia, dan gangguan makan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Rambut akan kembali, kecuali ada jaringan parut seperti pada beberapa tipe penyakit lupus , lichen planus dan gangguan folikel.

9. Diet

Diet rendah protein atau diet ketat kalori juga dapat menyebabkan kerontokan rambut untuk sementara waktu. So, pastikan kebutuhan gizi Anda terpenuhi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini