nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Foie Gras, Hidangan Mewah yang Disantap Syahrini di Swiss Ternyata Dilarang di Sejumlah Negara

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 29 Maret 2019 18:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 29 298 2036742 foie-gras-hidangan-mewah-yang-disantap-syahrini-di-swiss-ternyata-dilarang-di-sejumlah-negara-10hSmt8FPj.jpg Foie Gras (Foto: Dailyexpress)

Ada banyak hal menarik ketika melihat momen bulan madu Syahrini dan Reino Barack di Swiss. Alih-alih menyambangi berbagai destinasi wisata, keduanya memilih untuk menikmati suasana kota Jenewa sembari mencicipi berbagai hidangan khas lokal.

Namun dari sekian banyak kuliner yang dinikmati Syahrini dan sang suami tercinta, ada satu hidangan yang berhasil menarik perhatian netizen Indonesia. Pada salah satu unggahannya, Syahrini kembali memamerkan olahan Foie Gras yang menjadi menu makan malamnya. Makanan mewah tersebut ia pesan di sebuah restoran bintang lima di Kota Jenewa.

Seperti diketahui, hidangan asli Prancis ini sebetulnya menjadi satu dari sekian banyak makanan yang dilarang peredarannya. Bagi Anda yang belum terlalu familier dengan foie gras, makanan ini sebetulnya terbuat dari hati bebek atau angsa yang telah digemukkan dengan memberi makan secara paksa melalui tabung makanan.

 Baca Juga: Insiden Gaun Melorot, Yuk Intip Gisel dengan Baju Serba Tipisnya

Tujuannya agar hati angsa berselimutkan lemak dan membuat rasanya menjadi lebih gurih. Foie gras memiliki warna krem dengan sedikit semburat merah muda. Secara etimologis, kata 'foie gras' memiliki artian 'hati berlemak'.

Pada 2004 lalu, California menjadi negara pertama yang mengeluarkan kebijakan pelarangan jual beli foie gras, dengan alasan bahwa bahan makanan tersebut didapatkan dari proses penyiksaan hewan.

Selain itu, ada pula Australia, Argentina, Israel, India, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Jerman, Italia, Luksemburg, Norwegia, Polandia, Turki, Inggris, dan Kota Sao Paulo di Brazil, yang juga telah menetapkan kebijakan serupa. Di Indonesia sendiri, masih banyak restoran yang menjual foie gras yang biasanya disajikan bersama segelas anggur merah.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini