nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Muda Melahirkan 2 Kali dalam Sebulan, Ini Faktanya

Nur Anisa Putri, Jurnalis · Jum'at 29 Maret 2019 12:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 29 481 2036575 ibu-muda-melahirkan-2-kali-dalam-sebulan-ini-faktanya-B1bdwRO6g8.jpg Wanita melahirkan dua kali dalam waktu kuran satu bulan (Foto:Thesun)

SEORANG ibu muda bernama Arifa Sultana (20), mengejutkan para dokter ketika ia kembali melahirkan untuk kedua kalinya. Pasalnya, wanita asal Bangladesh ini kurang dari satu bulan atau 26 hari sebelumnya baru saja melahirkan bayi laki-laki.

"Ia tidak menyadari kalau masih mengandung anak kembar. Air ketubannya pecah lagi 26 hari setelah bayi pertama lahir dan ia segera mendatangi kami, ” ujar Sheila Poddar, seorang ginekolog yang merawat Arifa.

Poddar mengatakan kalau Arifa melahirkan anak kembar, satu laki-laki dan satu perempuan, melalui operasi caesar. Anak kembarnya ditemukan sehat tanpa komplikasi dan boleh dipulangkan. Arifa, yang tinggal di desa dengan suaminya Sumon Biswas, melahirkan bayi pertamanya di Khulna Medical College Hospital di distrik Khulna.

Baca Juga:

5 Potret Kegagahan Reino Barack, Pantas Princes Syahrini Klepek-Klepek

5 Gaya Penampilan Atries Angel, Pacar Baru Chef Juna yang Seksi

"Saya belum pernah melihat kasus seperti ini selama 30 tahun saya berkarir di dunia medis," kata Dilip Roy, kepala dokter pemerintah di Jessore.

Para dokter ternyata gagal menemukan si kembar yang tumbuh di dalam rahim keduanya. Hampir satu bulan kemudian, ia mengeluh sakit perut dan dilarikan ke Rumah Sakit Ad-din di distrik Jessore. Poddar mengatakan bahwa Arifa memiliki dua uteri setelah diperiksa melalui USG.

Berasal dari keluarga yang tidak mampu, Arifa mengatakan ia senang bisa melahirkan ketiga anaknya itu, tetapi ia merasa khawatir dengan bagaimana dia bisa membesarkan anak-anaknya. Ia juga mengatakan kepada AFP bahwa suaminya berpenghasilan hampir 6.000 taka atau sekitar Rp1 juta dalam sebulan sebagai buruh.

“Ini adalah keajaiban dari Allah sudah memberikan kesehatan untuk anak-anak saya. Saya akan mencoba yang terbaik untuk membuat mereka bahagia,” ucap suami Arifa, Sumon Biswas. Ketiga anak mereka diberi nama Ifad Islam Noor, Mohammad Huzaifa dan Jannatul Mawa Khadija.

Kasus kehamilan ganda yang diakibatkan dengan adanya rahim ganda bukanlah yang pertama kali. Rahim ganda adalah kondisi bawaan yang langka, yang muncul dari perkembangan ketika rahim memiliki dua tabung kecil, yang biasanya menyatu membentuk satu rongga yang lebih besar.

Namun, terkadang tabung tersebut tidak menyatu sepenuhnya dan masing-masing tabung berkembang menjadi struktur yang terpisah. Dalam beberapa kasus, vagina akan memiliki dua lubang terpisah.

Wanita yang memiliki rahim ganda sering kali mengalami kehamilan yang sukses, walaupun kondisinya dapat meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran prematur karena setiap uterus memiliki ukuran yang lebih kecil dari rata-rata.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini