nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Belanja Lewat Jasa Titip, Jangan Sampai Uang Kamu Dibawa Kabur!

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 29 Maret 2019 12:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 29 612 2036553 tips-belanja-lewat-jasa-titip-jangan-sampai-uang-kamu-dibawa-kabur-VO0RrHbIrZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TERKADANG orang lebih memilih berbelanja di luar negeri, karena banyak alasan, seperti model yang tidak keluar di Indonesia, ataupun karena harga yang lebih miring ketimbang toko ritel di Indonesia. Sayangnya, tidak semua orang bisa beruntung punya waktu atau dana untuk belanja di luar negeri.

Memang, banyak yang harus dipertimbangkan jika Anda ingin berbelanja di luar negeri, mulai dari akomodasi hingga ketersediaan waktu. Apalagi, jika barang belanjaan yang ingin dibeli hanya beberapa buah namun edisi terbatas.

Tapi, seiring berkembangnya zaman, Anda tak perlu lagi kesulitan mendapat barang yang Anda inginkan itu. Anda bisa menemukan solusinya lewat jasa titip atau personal shopper, yang biasanya ditawarkan oleh para traveler yang sedang melancong ke luar negeri.

Baca Juga: Lihat Pevita Pearce Minum Kelapa Muda, Netizen: Auto Sayang Jadinya

Cara kerjanya pun terbilang sederhana. Pengguna jasa titip hanya perlu menunjukkan gambar atau informasi seputar barang yang hendak dibelinya kepada penyedia jasa.

Setelah itu, pembeli harus mentransferkan sejumlah uang sesuai dengan kalkulasi yang diberikan oleh penyedia jastip. Benda yang dipesan pun cukup beragam, mulai dari peralatan kosmetik seperti masker dan skin care, hingga barang-barang branded.

Bagi sebagian orang, profesi ini bisa dibilang merupakan hobi yang dibayar. Sebanyak apapun barang belanjaan yang harus mereka bawa, tetap menghadirkan kesenangan tersendiri.

Nah, Co-Founder Titipbeliin.com Bayu Sutrisno memberikan tips bagaimana memilih jasa titip yang baik. Pasalnya, kini banyak sekali perusahaan start up baru yang bergerak di bidang jasa belanja. Hanya dengan memesan lewat gadget, semua barang yang Anda ingin beli tersedia.

"Cukup bayar dan tunggu barang sampai depan rumah semua end to end via website," kata dia dalam keterangan resminya kepada Okezone, Jumat (29/3/2019).

Baca Juga: 5 Potret Kegagahan Reino Barack, Pantas Princes Syahrini Klepek-Klepek

"Seseorang bisa beli barang apapun dari Amerika Serikat dan China, semua kami urus, jadi pembeli tidak perlu repot urus berbagai hal seperti pajak bea cukai, pengiriman internasional dan hal lainnya," tambah dia.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah testimoni para pengguna yang ada, sehingga Anda tak perlu lagi khawatir, karena barang yang dipesan selalu dijaga kepercayaan dan ketransparansian data-data pembelanjaan. Barang ini pun bisa sampai di tangan Anda sekira 5-15 hari pengiriman.

"Lewat jastip seseorang tidak perlu capek-capek datang ke toko atau berpergian ke luar negeri khususnya di Amerika dan China," katanya.

Senada, Ketua Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) Roy Mande menyebut jastip ini merupakan bentuk kemajuan pelayanan. Namun Roy juga berharap agar bisnis ini memiliki aspek formal atau lebih serius dikelola.

Menurutnya, lebih baik memilih yang memiliki badan hukumnya atau kantor. "Sehingga bisa menjadi sesuatu yang baru di industri ritel, bisa kami fasilitasi,” ujar dia.

Roy melihat bisnis jastip ini sebagai distribusi channel baru. Para penjual tetap mengambil barang pada peritel sehingga penjualan ritel pun akan tetap stabil.

Dia melihat bahwa fenomena ini berkembang di masyarakat, serta banyak yang terbantu atas jasa personal shopper. Meski begitu, Anda harus tetap berhati-hati saat memilih personal shopper agar tidak rugi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini