Share

Bukan untuk Menyusui, Ini Alasan Mengejutkan Pria Punya Payudara

Tiara Putri, Okezone · Jum'at 29 Maret 2019 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 29 612 2036652 bukan-untuk-menyusui-ini-alasan-mengejutkan-pria-punya-payudara-YAAyeqIBdu.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WANITA memang memiliki payudara yang berfungsi untuk menyusui anaknya kelak dengan ASI. Namun, pria juga terlahir dengan payudara meskipun tidak membesar seperti wanita. Hal tersebut mungkin membuat beberapa orang bertanya-tanya, apa fungsi payudara prai?

Melansir Ranker, Jumat (29/3/2019), alasan pria memiliki payudara adalah karena pada dasarnya saat embrio mulai berkembang di rahim ibu, empat minggu pertama jenis kelaminnya adalah perempuan. Oleh karenanya, janin akan berkembang sesuai dengan karakteristik perempuan termasuk payudara.

Kemudian proses dalam kehamilan yang melibatkan testosteron, seleksi alam, dan zat kimia tubuh serta kromosom mengubahnya.

Setelah minggu keempat, kromosom Y mulai masuk sehingga mengubah janin menjadi laki-laki. Garis susu yang sudah berkembang sebelumnya tetap ada. Akan tetapi, pada bayi laki-laki garis susu tidak berkembang lebih lanjut sehingga ketika lahir hanya ada payudara dengan sepasang puting.

Baca Juga: Kegemukan, Polisi Ini Ditelanjangi dan Dipaksa Berolahraga

Hal ini dikarenakan adanya testosteron pada rahim yang menyusutkan garis-garis susu dan jaringan payudara. Selain itu, kromosom Y mulai mengubah aktivitas genetik dalam sel-sel pria terutama di alat kelamin dan otaknya.

Berbeda dengan janin perempuan, di mana perkembangan garis susu bersama kelenjar penghasil susu yang disebut lobulus terus terjadi. Kondisi itulah yang membuat payudara wanita membesar saat menginjak usia remaja.

Meski demikian, tubuh janin laki-laki tidak menghasilkan testosteron yang cukup untuk membuat puting hilang atau menyusut ke ukuran yang tidak terlalu mencolok. Oleh karenanya, semua bayi dilahirkan dengan puting susu, terlepas dari apapun jenis kelaminnya.

Meskipun, ada satu kondisi langka dimana seseorang bisa terlahir tanpa payudara. Kondisi itu dikenal dengan istilah athelia, di mana seseorang terlahir tanpa puting susu, tidak ada jaringan payudara, dan tidak ada tanda-tanda garis susu sama sekali.

Baca Juga: Insiden Gaun Melorot, Yuk Intip Gisel dengan Baju Serba Tipisnya

Kondisinya dapat memengaruhi satu atau kedua sisi tubuh. Para ilmuwan tidak sepenuhnya yakin tentang penyebab terjadinya athelia. Hingga saat ini juga belum ada penelitian yang menunjukkan dampak athelia terhadap kesehatan.

Oleh karenanya, pria harus berhati-hati terhadap faktor risiko yang memicu terjadinya kanker payudara. Meskipun puting pria kecil, tetapi masih dapat menimbulkan risiko kesehatan, sebab pria memiliki jaringan payudara.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini