nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manjakan Lidah dengan Kuliner Yogyakarta di Pucuk Coolinary Festival 2019

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 30 Maret 2019 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 30 298 2037190 manjakan-lidah-dengan-kuliner-yogyakarta-di-pucuk-coolinary-festival-2019-Hg4wsGZPi0.jpeg Festival kuliner di Yogyakarta (Foto:Pradita/Okezone)

KOTA Yogyakarta bisa dibilang merupakan salah satu destinasi wisata favorit dari banyak masyarakat Indonesia, dan juga wisatawan mancanegara.

Sebagai satu kota besar di Indonesia, Yogyakarta memang punya magnet yang memiliki daya tarik tersendiri. Kota istimewa ini menyimpan banyak potensi wisata, dari keberagaman budaya, sejarah, alam, hingga kulinernya.

Para wisatawan baik lokal maupun mancanegara seolah dibuat penasaran dan rindu untuk bisa mencicipi aneka sajian kulinernya. Siapa sih yang tidak rindu untuk menjajal gudeg, bakpia, dan hidangan kuliner lainnya saat berkunjung ke Yogyakarta?

Well, di luar hidangan kuliner yang selama ini sudah begitu dikenal. Tahukah Anda bahwa sebetulnya Yogyakarta menyimpan begitu banyak ragam kuliner yang bisa dinikmati? Nah, aneka ragam kuliner Yogyakarta inilah yang coba dihadirkan di gelaran festival kuliner terbesar di Yogyakarta, bertajuk “Pucuk Coolinary Festival”-Temukan Rasa Favoritmu”, yang digelar pada 30-31 Maret 2019 di Lapangan Mandala Krida.

 

Sebut saja mulai dari kuliner favorit Yogyakarta dari yang legendaris hingga yang tengah hits di kalangan foodies seperti Gudeg Yu Djum, Oseng Mercon Bu Narti, Sate Klathak Pak Jede, Jejamuran, Ceker Huhah, Bakmi Kadin, Mie Setan, Bakpia Kukus Tugu, Martabak Markobar, hingga Mangkok Kelapa, hadir di sini. Bikin ngiler kan?

Baca Juga:

Foie Gras, Hidangan Mewah yang Disantap Syahrini di Swiss Ternyata Dilarang di Sejumlah Negara

Insiden Gaun Melorot, Yuk Intip Gisel dengan Baju Serba Tipisnya

Nah, di sini para pencinta dan penikmat makanan dimanjakan dengan suguhan konsep festival kuliner yang cukup unik. Sebab para foodies bisa bebas menjelajahi kuliner favorit dan terkenal di Yogyakarta, sesuai dengan selera rasa yang dikehendaki. Lebih dari 100 tenant kuliner yang tersedia, sengaja dibagi ke dalam tiga Zona Rasa, yakni Zona Gurih, Zona Manis, dan Zona Pedas. Sehingga masyarakat bisa lebih bebas dan mudah untuk menikmati hidangan kuliner Yogyakarta menurut selera lidah masing-masing.

“Dengan menyediakan lebih dari 100 tenant kuliner rasa manis, gurih, dan pedas favorit kota Yogyakarta, festival kuliner ini ingin memberikan pengalaman berburu kuliner seru yang memanjakan lidah para foodies untuk bisa menemukan semua rasa favoritnya langsung dalam satu tempat tanpa perlu menempuh jarak yang jauh dari satu lokasi ke lokasi lainnya,” ungkap Yustina, manajer brand teh pucuk harum saat ditemui Okezone, Sabtu (30/3/2019) dalam acara pembukaan festival di Lapangan Mandala Krida, Yogyakarta.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pelayanan Informasi Pariwisata, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Marlina Handayani, S.Pd, M.M, menilai bahwa festival kuliner seperti ini memang bisa memberikan fasilitas pada para pelaku industri kuliner daerah, sehingga bisa berkembang lebih maju lagi.

“Ini kan digelar tidak bersifat komersil, enggak ada tiket masuk karena gratis. Di sisi lain, festival kuliner ini jadi bisa memberi fasilitas pada para pelaku industri kuliner di sini. Sebab untuk memajukan tingkat perekonomian daerah, ya enggak bisa satu arah dari pemerintah saja tapi sejalan seiringan dengan pihak swasta, media, dan pihak lainnya supaya bisa memajukan tingkat prekonomian daerah sejalan dengan pemerintah daerah,” imbuh Marlina.

Sementara itu, menurut pantauan langsung Okezone di lokasi gelaran acara, masyarakat setempat sepertinya memang begitu antusias untuk berkeliling berwisata kuliner. Terlihat dari semenjak dibuka pada pukul 10.00 WIB tadi, para pengunjung sudah memadati tiga zona rasa yang ada.

Selain kulineran, para pengunjung juga bisa mengikuti kegiatan lainnya. Misalnya lomba makan, lomba untuk menyantap mie jumbo pedas dalam waktu dan level pedas tertentu, hingga mengikuti acara bagi-bagi 10ribu buah sate klathak gratis! Seru ya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini