nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Momong Cucu Ngambek? Belajar Saja dari Jokowi dan Jan Ethes

Wisnu Kurniawan , Jurnalis · Minggu 31 Maret 2019 18:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 31 196 2037468 momong-cucu-ngambek-belajar-saja-dari-jokowi-dan-jan-ethes-88eb5UFyPa.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Instagram)

ANAK kecil terkadang suka berperilaku tidak terduga, yang cenderung iseng karena rasa ingin tahu. Apalagi jika mereka di ajak ke sebuah tempat yang baru dan belum pernah mereka kunjungi sebelumnya, tentunya akan banyak drama terjadi.

Seperti halnya Jan Ethes Srinarendra, cucu pertama Presiden Jokowi dari putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka. Di akun Instagram Jokowi, dalam wawancara bersama Cak Lontong, dia memberi tahu bagaimana cara mengatasi Jan Ethes saat sedang rewel.

“Saya ajak jalan-jalan, ya itu tugasnya MC, ya itu,” Ujar Pak Jokowi saat di tanya Cak Lontong.

Baca Juga: Insiden Gaun Melorot, Yuk Intip Gisel dengan Baju Serba Tipisnya

Biasanya, kata-kata MC akan mengacu pada Master of Ceremony, seorang pembawa acara yang memandu sebuah event. Namun, MC ini berbeda bagi Jokowi. Lantas, apa artinya? “Kalau MC ini, momong cucu, seperti itu,” tuturnya sambil tertawa.

Menurut Jokowi, ada beberapa cara untuk menangani Jan Ethes saat lagi rewel, salah satunya adalah dengan mengajaknya untuk jalan-jalan. Tapi, ada juga beberapa tips yang dapat para orang tua lakukan untuk mengatasi anak Anda yang rewel.

1. Jika rewel karena sakit, maka Anda harus memanjakannya, seperti mengusap-usap rambutnya, digendong, dan tanyakan mana yang terasa sakit.

2. Ketika Anda mendapati anak yang rewel karena ingin mendapatkan perhatian. Tentu, Anda harus bersikap tegas dan konsisten untuk memberikan perhatian pada anak Anda. Bersikap lemah lembutlah dan selalu bertanya apa keinginan si anak sebenarnya.

3. Jangan memarahi anak Anda di depan tamu, karena hal ini akan membuat Anda merasa malu telah menegur si buah hati di depan orang lain.

Baca Juga: 6 Zodiak Paling Jago Tebar Pesona, Hati-Hati Jatuh Cinta!

4. Menghindari pergi sembunyi-sembunyi dari seorang anak, bahkan berbohong. Jika orang tua berbohong, maka Anda secara tidak langsung mengajarkan anak Anda untuk berbohong pula.

5. Harus mengajak ngobrol anak saat naik kendaraan, tentang apapun yang tidak membuat anak Anda bosan.

Mungkin Anda bisa gunakan tips-tips tersebut untuk mengatasi anak Anda yang rewel. Seperti Pak Jokowi yang mengatasinya dengan cara tersendiri.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini