nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanboy Kun Bagikan Tips Jadi Food Vlogger, Berminat?

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 01 April 2019 04:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 31 298 2037518 tanboy-kun-bagikan-tips-jadi-food-vlogger-berminat-aB0QdenuEa.jpg Tanboy Kun (Foto: tanboy_kun/Instagram)

PILIHAN untuk berekspresi sekaligus bisa dijadikan pilihan karier, di era digital seperti sekarang semakin beragam. Salah satu contohnya, sekarang sudah dikenal satu jenis profesi yang disebut sebagai vlogger atau biasa juga disebut sebagai Youtuber.

Pilihan profesi yang bisa dipilih dan dijalani tidak hanya dokter, pegawai kantoran, pegawai bank, arsitek, pengacara, atau tipe-tipe profesi konvensional lainnya. Menjadi seorang vlogger, banyak tema yang bisa dipilih untuk diusung sebagai konten yang ingin disuguhkan kepada para penonton. Seperti salah satu tema yang sekarang banyak dipilih, ialah tentang makanan.

 Baca Juga: Ini Alasan Tanboy Kun Jadi Food Vlogger Spesialisasi Mukbang

Walau pada dasarnya semua orang akrab dengan yang namanya makanan, namun bukan berarti menjadi food vlogger sukses dan juga terkenal adalah hal yang mudah untuk dilakukan loh. Nah, hal apa sih yang harus dilakukan jika ingin menjadi food vlogger yang andal sehingga kesuksesan bisa diraih? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka Okezone pun bertanya kepada Bara Ilham alias Tanboy Kun, salah satu Youtuber khusus makanan terkenal di Indonesia.

Hal pertama yang diungkapkan Bara sebagai tips agar bisa menjadi food vlogger sukses ialah memperhatikan soal konten.

“Pertama pastinya buat konten yang menarik, inilah kenapa kita harus kenal dengan diri kita sendiri dulu. Kenali dan pahami kemampuan alias skill kita tuh di mana. Secara di Youtube kan banyak banget tema konten makanan yang ada, contohnya ada yang fokus di makan, ada yang sukanya review, ada yang olahraga, dan lain-lain,” jelas Bara saat ditemui Okezone baru-baru ini di Yogyakarta.

 Baca Juga: Festival Kuliner Jadi Atraksi Wisata Baru di Yogyakarta

Selanjutnya, pria yang menyuguhkan konten ‘mukbang’ alias melahap banyak makanan dalam waktu singkat ini mengungkapkan tips berikutnya ialah tidak merasa malu untuk memulai. Walaupun memulai sebagai vlogger dengan peralatan sederhana seadanya.

“Jangan malu buat mulai, saya sendiri dulu mulai cuma pake kamera handphone dan enggak punya kemampuan dasar jadi videografer. Enggak perlu mikir wah harus mulai pakai kamera profesional nih. Begitu juga soal kemampuan mengedit video, intinya sih mulai saja dulu yang penting. Seiring waktu sambil belajar sedikit demi sedikit. Saya belajar sendiri, lama-lama bisa ngedit video, meskipun masih kasar istilahnya. Intinya jangan minder,” imbuhnya. (tam)

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini