nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaet Minat Generasi Muda, Festival Wastra Nusantara 2019 Siap Digelar

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 01 April 2019 20:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 01 194 2037926 gaet-minat-generasi-muda-festival-wastra-nusantara-2019-siap-digelar-xewqaFAn6l.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

Keragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia terdiri dari banyak aspek. Salah satunya adalah kain tradisional atau yang biasa disebut wastra. Hampir di setiap daerah memiliki kain yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau acara resmi. Sebut saja batik, tenun, songket, ikat, dan masih banyak lagi.

Tentu keragaman wastra harus terus dilestarikan karena merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Cara yang bisa dilakukan adalah tetap menggunakan wastra tersebut dalam berbagai kesempatan. Hal ini mungkin masih sering dilakukan oleh para orang tua atau pencinta wastra. Namun generasi muda yang turut melakukan hal tersebut belum begitu banyak.

Beruntung ada beberapa desainer yang menggabungkan unsur wastra dalam busana yang dirancangnya. Selain itu, hasil karyanya pun lebih modern dan kekinian yang mampu menarik minat generasi muda. Akan tetapi, upayanya tentu tidak berhenti sampai di situ.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki peran penting untuk menjaga kelestarian wastra memiliki kiat-kiat tersendiri. Sebagai contoh, dalam waktu dekat akan digelar Festival Wastra Nusantara yang bertempat di Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti. Kurang lebih ada 150 wastra yang akan dipamerkan dalam festival yang dilaksanakan pada 8-14 April mendatang.

Kain

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, wastra yang dipamerkan dalam festival tersebut tak hanya sekadar kain tradisional dari daerah tertentu. Akan ada pula koleksi dari para tokoh nasional. Mulai dari ibu negara, menteri perempuan, hingga tokoh di tingkat lokal.

“Kalau dilihat, tokoh-tokoh nasional dalam perjalanan hidupnya hampir semua memiliki koleksi wastra. Sebagian mungkin karena hobi (mengumpulkan) atau hadiah dari orang lain yang jumlahnya banyak sekali. Kami ingin mengajak tokoh nasional ini berbagi apa yang mereka miliki sehingga bisa dilihat oleh publick, kami percaya koleksinya cukup menarik,” tutur Hilmar saat ditemui Okezone dalam konferensi Festival Wastra Nusantara di Gedung Kemendikbud, Senin (1/4/2019).

kain batik

Dalam acara tersebut, hadir pula perancang busana Samuel Wattimena yang bertindak sebagai kurator wastra. Dirinya mengatakan festival ini akan sangat menarik karena pihak penyelenggara berhasil menampilkan koleksi wastra milik para ibu negara yang rentangnya cukup jauh. Mulai dari Fatmawati hingga Iriana Joko Widodo.

“Menurut saya itu sangat menarik dan bisa mengajak generasi muda untuk melihat karya koleksi ibu negara. Nantinya pengunjung juga bisa melihat pengisi acara yang menggunakan pakaian daerah dari keragaman wastra. Turut pula hadir kolektor batik, songket, sulam, dan tenun lalu ada peragaan busana yang diikuti oleh para desainer dari masa ke masa sehingga pengrajin wastra bisa melihat kreasi dan persepsi wastra di tangan anak muda,” jelas Samuel.

Dengan cara itu, dirinya yakin generasi muda akan memiliki ketertarikan tersendiri. Belum lagi wastra yang dipamerkan juga memiliki kisah di baliknya yang menarik untuk dibaca. Diharapkan hal itu nantinya menimbulkan kebanggaan dalam diri generasi muda sehingga muncul keinginan untuk melestarikannya.

Sementara itu, Kepala Museum Kepresidenan RI Bogor, Amurwani Dwi Lestariningsih mengatakan selain pameran wastra, masih ada aktivitas lain yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Sebut saja Tari Gebyar Wastra, peragaan busana, seminar, dan workshop membatik yang bertujuan untuk menjaga kelestarian wastra.

“Festival ini terbuka untuk umum, jadi masyarakat silahkan datang. Hingga saat ini animo masyarakat yang daftar sangat tinggi. Saya hanya ingatkan jangan gunakan kaus atau jeans karena mengikuti aturan protokoler di museum,” pungkas Amurwani saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini